Terkini Daerah

Ratusan Anggota Purna Paskibraka Indonesia Ikuti Musyawarah Nasional

Selasa, 29 Oktober 2019 13:22 WIB
Tribunnews Bogor

TRIBUN-VIDEO.COM, BOGOR SELATAN - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah mewakili Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati pada kegiatan pemberian pengarahan pemantapan pembinaan ideologi Pancasila melalui giat purna Paskibraka Indonesia di di Bogor.

Pada pemberian pengarahan tersebut Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah memberikan berbagai pengarahan mengenai Pancasila.

Diantaranya adalah mengenai awalmula sejarah munculnya Pancasila dan tokoh-tokoh penggagas dan pembentukan Pancasila.

Tidak hanya itu, Ahmad Basarah juga menjelaskan tentang persatuan dalam keberagaman dan Bhineka Tunggal Ika.

Ahmad Basarah juga menjelaskan tentang salam.kenerdekaan yang memiliki makna filosofis untuk Pancasila.

"Bpip memberikan kekayaan baru dengan salam pancasila lima jari saya tidak tau udah dibuatkan keputusan Kepala BPIP apa belum, tapi diluar itu secara etika berbangsa dan bernegara dianjurkan untuk disampaikan oleh siapapun yang mendapatkan bicara dimuka publik salam pancasila yang dimiliki bpip adalah salam yg memiliki kedudukan hukum yang kuat dalam sistem ketatanegaraan," katanya saat memberikan pengarahan di Ballroom Hotel Aston, BNR, Bogor Senin (28/10/2019).

Ia juga mengatakan bahwa salam tersebut salam yang menyatukan Indonesia.

"Salam tersebut adalah salam yang telah menyatukan bangsa Indonesia yang merebut bangsa indonesia dari kolonialisme salam ini tidak menanyakan apa agama mu apa suku mu darimana asal mu darimana provinsi mu apa status sosial mu tapi semua diikat untuk hal yang sama untuk kepentingan bangsa Indonesia," ujarnya.

Usai memberikan arahan Ahmad Basarah mengapresiasi langkah BPIP menggandeng Purna Paskibraka.

"Kami dari MPR memberikan apresiasi terhadap upaya-upaya yang dilakukan Badan Pendidikan Ideologi Pancasila dalam rangka mensosialisasikan ideologi Pancasila dalam rangka mensosialisasikan dan membumikan Pancasila menjadi ideoloagi yang bekerja di tengah-tengah masyarakat Indonesia salah satunya melibatkan bermacam-macam kelompok strategis masyarakat untuk menjadi dut-duta Pancasila menjadi penggiat pancasila diseluruh Indonesia yang salah satunya adalah dengan hari ini melibatkan para alumni Paskibraka seluruh Idonesia," ujarnya.

Pada kegiatan Musyawarah Nasional bertajuk 'Pemantapan Pembinaan Ideologi Pancasila Melalui Giat Purna Paskibraka Indonesia' di Hotel Aston Bogor, Bogor Selatan, 27-30 Oktober 2019 dihadiri oleh sekitar 250 peserta Purna Paskibraka Indonesia yang berasal dari seluruh Daerah di tanah air.

Plt Kepala BPIP RI, Profesor Haryono menyambut antusias kerja sama yang terjalin antara BPIP RI dengan PPI.

Menurutnya, untuk menjaga ideologi Pancasila dibutuhkan peran semua masyarakat.

"Yang menarik acara yang terselenggara ini adalah kita harus menjaga pancasila," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Minggu (27/10/2019).

"Ini harus kita tekankan, bahwa saat ini ada ujaran-ujaran yang memecah belah itu harus dicegah. Paskibraka harus peka dan turut serta menjaga ideologi Pancasila," sambungnya.

Lebih lanjut, Haryono menjelaskan bahwa nantinya skema implementasi untuk menjaga ideologi Pancasila harus bersinergi dengan semua pihak, mulai dari tingkat dusun.

"Kami BPIP RI sangat mendukung kegiatan ini diselenggarakan. Paskibra harus jadi garda terdepan juga untuk menjaga NKRI," jelasnya.

"Kami berharap teman-teman Paskibra nantinya bersinergi dengan elemen-elemen pancasila lainnya mulai dari tingkat kampung. Banyak di kampung juga pasukan pengibar benderanya sangat bagus, ideologi pancasilanya juga bagus. Itu harus dirangkul dan bersinergi," sambungnya.Sementara itu, Ketua Purna Paskibraka Indonesia, Guosta Feriza bersyukur lantaran PPI dipercaya untuk menjadi salah satu garda terdepan dalam menjaga ideologi Pancasila.

"Malam hari ini kami merasa bersyukur dan bangga bahwa PPI dibebri kesempatan untuk pemantapan pembinaan ideologi Pancasila," tuturnya.

Tak hanya itu, Guosta Feriza menekankan bahwasanya ideologi Pancasila harus ditanamkan mulai dari orang terdekat, seperti keluarga.

"Ini merupakan tanggung jawab yang harus kita emban. Kita harus memantapkan ideologi pancasila dan harus ditanamkan di lingkungan masing-masing," paparnya.(*)

 Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BPIP Mantapkan Ideologi Pancasila Lewat Paskibraka

ARTIKEL POPULER:

Baca: Yudi Latif Mundur dari BPIP, Dahnil Anzar: Sangat Pancasilais, Mundur Ketik Ada yang Tak Benar

Baca: Sikapi Polemik BPIP dan Insiden di Kantor Media, Ini Isi Surat Terbuka Putra Megawati untuk Kadernya

Baca: Jokowi Minta Maaf ke Megawati Soal Gaji BPIP, Ferdinand Hutahaean: Menurut Saya Kurang Satu Lagi

TONTON JUGA:

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Winda Rahmawati
Sumber: Tribunnews Bogor
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved