Kanal

Mensos Risma: Pemerintah Perkuat Pilar Sosial untuk Bantu Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

TRIBUN-VIDEO.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini menekankan pentingnya kepekaan sosial dalam mendorong agenda pembangunan kesejahteraan sosial.

Kepekaan sosial dan sinergi antara elemen bangsa menjadi faktor kunci dalam upaya pengurangan masyarakat miskin dan rentan.

"Pemerintah tidak mungkin bisa bekerja sendiri, namun memerlukan partisipasi dari semua elemen dalam penanganan pandemi Covid-19 ini. Pemerintah sangat mebutuhkan peran serta dari berbagai pihak yaitu dunia usaha, komunitas, relawan, tokoh-tokoh masyarakat dan media," kata Risma melalui keterangan tertulis, Rabu (1/9/2021).

Risma mengatakan selama pandemi Covid-19, pemerintah berupaya memperkuat pilar-pilar sosial.

Penguatan pilar sosial ini dibutuhkan untuk membantu masyarakat yang kesulitan di masa pandemi Covid-19.

"Pemerintah juga terus memperkuat peran pilar-pilar sosial. Seperti dengan Karang Taruna yang menjadi mitra Kemensos meringankan beban masyarakat di masa pandemi," kata Risma.

Pemerintah melalui Kemensos juga memperkuat kewirausahaan sosial di masa pandemi.

Baca: LIVE UPDATE: Sidang Vonis Adi Wahyono & Matheus Joko terkait Kasus Suap Penyaluran Bansos Covid-19

Dalam kaitan itu, Risma melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial menyerahkan secara simbolis bantuan Program Kewirausahaan Sosial (ProkUS) dari Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial berupa bantuan Bina Usaha ProkUS Adaptif untuk Wirausaha “Satu Arah” di Kabupaten Bengkalis bagi 50 UMKM dengan total senilai Rp50.000.000.

Bantuan Bina Usaha ProkUS Adaptif untuk wirausaha Koperasi Tinera Jaya Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak untuk 50 UMKM dengan total bantuan Rp50.000.000.

Serta Bantuan Bina Usaha ProkUS Adaptif untuk Wirausaha PKK Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru bagi 25 UMKM dengan total bantuan Rp25.000.000. Total bantuan Program Kewirausahaan Sosial (ProkUS) sebesar Rp122 juta.

Kepada Karang Taruna, Rusma menyerahkan secara simbolis bantuan kewirausahaan untuk Karang Taruna Rejosari di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru sebesar Rp27.050.000.

Kemudian arang Taruna Pebatuan Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru sebesar Rp. 39.200.000, Karang Taruna Umbansari Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru sebesar Rp28.588.000.

Lalu Karang Taruna Perpati di Kab. Kepulauan Meranti senilai Rp25.000.000. Sehingga total bantuan bantuan kewirausahaan untuk Karang Taruna sebesar Rp119.838.000.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mensos Risma: Pemerintah Perkuat Pilar Sosial untuk Bantu Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

# pandemi Covid-19 # Menteri Sosial # Tri Rismaharini 

Editor: fajri digit sholikhawan
Video Production: Ananda Bayu Sidarta
Sumber: Tribunnews.com

Video Populer