Kanal

Lanal Nunukan Amankan 10 Bungkus Sabu, 1 Tersangka Lolos, 2 Pria Diserahkan ke Mako Polres

Laporan Wartawan TRIBUNKALTARA.COM, Febrianus Felis

TRIBUN-VIDEO.COM, NUNUKAN - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nunukan gagalkan penyelundupan 10 bungkus sabu di tempat yang berbeda pada Minggu (18/07/2021), dini hari.

Danlanal Nunukan, Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto, menjelaskan pada Minggu (18/07) lalu, sekira pukul 03.15 Wita, pihaknya mendapatkan informasi adanya penyelundupan sabu di perairan Sei Bolong, Nunukan.

Mendengar itu, Lanal Nunukan langsung menerjunkan tim SFQR menuju tempat yang dimaksud.

"Saat itu anggota terbagi menjadi dua tim yaitu tim laut dan tim darat. Tim darat lalu bergerak ke daerah Sei Bolong. Saat tiba, petugas mendengar ada suara speedboat yang melaju menuju ke arah kios minyak Pangkep Sei Bolong," kata Nonot Eko Febrianto kepada TribunKaltara.com, Selasa (20/07/2021), pukul 14.00 Wita.

Lanjut Eko, saat mendengar suara speedboat melaju, anggota tim melaksanakan pengendapan di sekitarnya dan didapati sebuah speedboat merapat ke kios.

Dan terlihat oleh petugas, seorang pria melemparkan sesuatu barang yang mencurigakan ke atas kios.

Petugas sempat mencoba menghentikan laju speedboat tersebut dengan memberikan tembakan peringatan ke udara.

Namun, speedboat itu langsung keluar menuju ke tengah perairan dengan kecepatan tinggi.

"Yang digunakan itu speedboat kecil dengan ukuran motor tempel 40 PK. Jadi kalau gelap susah kelihatan di laut. Akhirnya anggota tim menuju ke kios pangkep dan melakukan pencarian barang yang dilemparkan tadi. Setelah ketemu barang tersebut, tampak bungkusan plastik warna hitam," ucapnya.

Lanjut Eko, "Begitu petugas membuka bungkusan tersebut dan ditemukan serbuk kristal putih yang diduga sabu-sabu sebanyak 6 bungkus plastik ukuran sedang. Kemudian tim membawa barang bukti tersebut menuju ke Mako Lanal Nunukan," ujarnya.

Diketahui, 6 bungkus plastik berukuran sedang itu berisi sabu dengan berat bruto 300,40 gram.

Sementara itu, tersangka berhasil lolos dari pengejaran petugas.

Baca: Kronologi Penangkapan Selebgram Jess karena Kasus Narkoba, Bangun Tidur dan Sekamar dengan Pria

Baca: Dukung Pelaksanaan PON XX 2021, Kepala BNN Papua Ingatkan Para Atlet agar Tak Terlibat Narkoba

2 Pria dan BB Sabu 125,56 gram Diamankan

Lalu, pada hari yang sama dengan waktu yang berbeda, sekira pukul 06.30 Wita, tim dua yang dipimpin oleh Danposal Sei Pancang Letda Laut (E) Lilik Susanto, melaksanakan pemantauan di ujung dermaga posal Sei Panjang.

Tak berapa lama kemudian, petugas melihat speedboat mencurigakan dari arah Tawau, Malaysia menuju ke perairan Sebatik.

"Jadi pada saat speedboat melintas di depan dermaga posal Sei Panjang tim berusaha menghentikan speedboat tersebut. Namun, speedboat terus melaju kencang menuju dermaga umum Sei Nyamuk," tuturnya.

Lantaran curiga, dua petugas menuju dermaga Sei Nyamuk dan mendapati dua pria yang diduga berada di dalam speedboat tadi, sudah lebih duluan turun ke darat. Tepatnya ke arah pintu keluar dermaga Sei Nyamuk.

"Karena melihat personel kami, jadi dua pria itu langsung membuang sesuatu barang. Tapi petugas kami yang melihat langsung melakukan pemeriksaan terhadap barang yang di buang itu," ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan itu, petugas mendapati serbuk kristal putih yang diduga berisi sabu dengan berat bruto 125,56 gram.

"Sabu dengan berat 125,56 gram disimpan di dalam 2 bungkus plastik ukuran sedang dan 2 bungkus plastik ukuran kecil. Tanpa menunggu lama, petugas langsung membawa dua pria itu menuju ke Posal Sei Pancang. Selanjutnya menuju ke Mako Lanal Nunukan," imbuhnya.

Eko mengaku, kedua tersangka itu termasuk barang bukti siang tadi sudah diserahkan ke Mako Polres Nunukan, untuk diselidiki lebih lanjut.

"Kami belum bisa sampaikan yang lainnya, karena harus dilakukan pendalaman. Operasi ini berkat kerjasama yang baik antara aparat keamanan dengan warga Nunukan dan Sebatik. Ini musuh bersama. Sehingga sudah menjadi kewajiban bersama untuk menyatakan perang terhadap narkoba," pungkasnya.

Belakangan diketahui, kedua pria itu inisial AA (28), beralamat di Jalan H. Bakri, Rt 004, Desa Sei Nyamuk, Kecamatan Sebatik Timur.

Dan AS (24), beralamat di Jalan Usman Harun, Rt 001, Desa Sei Pancang, Kecamatan Sebatik Timur.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas dan telah diserahkan ke Mako Polres Nunukan, sebagai berikut:
- 6 bungkus plastik ukuran sedang berisi sabu dengan berat bruto 300,40 gram.
- 2 bungkus plastik berukuran sedang dan 2 bungkus plastik berukuran kecil yang berisi sabu dengan berat bruto 125,56 gram.
- Tas pinggang hitam.
- 3 buah handphone android.
- 1 unit motor dengan Nopol KT 5734 JN
- 1 buah dompet warna cokelat. (*)

# Sei Panjang # Nunukan # sabu # penyelundupan

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Andheka Malestha
Sumber: Tribun Kaltara

Video Populer