Kanal

Dipicu Perselisihan dengan Paskhas TNI AU, Sekelompok Warga di Dogiyai Bakar 32 Kios dan Rumah

TRIBUN-VIDEO.COM - Sekelompok orang menyerang serta membakar 32 rumah warga hingga kios di Distrik Kammu, Kabupaten Dogiyai, Kamis (15/7/2021) malam.

Peristiwa dipicu setelah sejumlah warga terlibat perselisihan dengan Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU di landasan Bandara Moanemani.

Akibat kejadian itu, 32 rumah dan kios ludes terbakar, bahkan satu orang warga tewas di lokasi kejadian.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengatakan, kejadian berawal saat lima anggota Paskhas TNI AU menegur dan mengusir sekelompok warga yang melakukan pesta minuman keras di landasan pacu bandara.

Diduga tak terima dengan perlakuan anggota TNI tersebut, sekelompok warga itu kemudian kembali datang dan melakukan penyerangan dengan membawa panah, parang, dan batu.

"Sekumpulan masyarakat tersebut langsung mengeroyok lima personel Satgas Paskhas," kata Kamal.

Dikutip dari Tribun-Papua.com, dari penyerangan itu, dua anggota Paskhas TNI AU menjadi korban, dan kini mendapatkan perawatan medis.

Baca: Sosok Egianus Kogoya, Pimpinan KKB Papua yang Biasa Beraksi di Nduga, Ternyata Anak Tokoh OPM

Baca: Kisah Arkeolog Hari Suroto, Menelusuri Jejak Manusia Purba di Danau Sentani Papua

Dua anggota TNI AU yang menjadi korban yaitu Didik Prayudi, terkena pukulan menggunakan batu di bagian kepala atas leher dan Atok Tri Utomo terkena bacokan parang.

Bahkan satu warga lainnya Ester Paruk, mengalami luka panah.

"Didik Prayudi terkena pukulan menggunakan batu di bagian kepala atas leher, Atok Tri Utomo terkena bacokan parang," ujarnya.

Setelah kejadian itu, sekelompok massa itu diketahui masih melakukan provokasi dan mengamuk di sejumlah lokasi berbeda, tepatnya di Kampung Ekimanida, Distrik Kamuu.

Sejumlah rumah dan kios milik warga pendatang menjadi sasaran.

Satu orang warga diketahui juga tewas akibat insiden tersebut.

"Ada 13 rumah dan 19 kios hangus terbakar. Sementara korban tewas berinisial HS jasadnya ditemukan di salah satu rumah yang hangus terbakar," ujarnya.

Selanjutnya, Jumat pagi sekira pukul 04.45 WIT, massa masih melakukan pembakaran di Kampung Ikabo serta melakukan penjarahan terhadap isi toko dan bangunan.

Untuk meredam situasi tersebut, personel gabungan kemudian diterjunkan ke lokasi kejadian.

(Tribun-Video.com/Tribun-Papua.com)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Sekelompok Orang di Dogiyai Serang dan Bakar 32 Rumah, Satu Warga Tewas

# Paskhas TNI AU # Pembakaran rumah di Distrik Kammu # Bandara Moanemani # luka bacokan

Editor: Dita Dwi Puspitasari
Sumber: Tribun Papua

Video Populer