Kanal

1 RT di Cilincing Lockdown seusai 21 Warga Positif Covid-19, Kebutuhan saat Isolasi Disuplai Pemkot

TRIBUN-VIDEO.COM - Kasus penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta masih terus bertambah.

Permukiman warga di RT 001 RW 004 Kelurahan Semper Barat, terpaksa di-lockdown setelah 21 warganya dinyatakan positif Covid-19.

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim memastikan, pihaknya akan memenuhi kebutuhan warga selama penerapan micro lockdown ini.

Baca: Keluar dari Zona Merah, Mikro Lockdown Klaster RT di Ciracas Dihentikan

Penyebaran virus ini diduga bermula setelah seorang warga, meninggal dunia dan dinyatakan positif Covid-19.

Dikutip dari Kompas.tv, pelacakan kemudian dilakukan kepada warga dan keluarga yang melayat jenazah Covid-19, hasilnya ditemukan 21 orang positif corona.

Setelahnya, pihak kelurahan meminta dilakukan tes usap massal, dan menutup satu RT di Sember Barat Cilincing.

Ketua RW 004 Semper Barat Muhammad Roji mengatakan, puluhan warga itu terpapar setelah menghadiri acara tahlilan seorang warga yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Baca: Malaysia Lockdown Total Mulai Hari Ini, Jumlah Pasien Disebut Sudah Capai Rekor Tertinggi

"Jadi awalnya itu ada yang meninggal positif gitu, setelah itu dibawa ke TPU Rorotan, setelah itu malamnya ada acara tahlilan, jadi banyak orang di situ, nah itu masalahnya," ucap Roji.

Pemerintah kemudian menetapkan opsi micro lockdown di permukiman itu.

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim membenarkan di-lockdown-nya permukiman itu karena menjadi telah klaster baru.

Menurutnya, 21 warga yang dinyatakan positif Covid-19 seusai dilakukan tes swab massal langsung dievakuasi ke Wisma Atlet.

"Ya RT 001 sudah kami lockdown karena di situ ada satu klaster hasil kegiatan keagamaan dan kami bawa ke Wisma Atlet juga kemarin untuk yang positif (Covid-19)," kata Ali.

Baca: Jelang Lockdown Total, Warga Malaysia Berbondong-bondong Beli Kebutuhan Harian

Ali memastikan, pihaknya akan memenuhi kebutuhan warga RT 001 RW 004 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

Selain menyuplai keperluan warga, Ali menyebutkan, Pemkot Jakarta Utara bersama TNI dan Polri akan melakukan pengawasan di RT tersebut.

"Sekarang sedang kami monitor dengan tiga pilar dan satgas RW untuk mulai melakukan micro lockdown dan fasilitasi segala keperluan masyarakat, segala keperluan terkait micro lockdown ini," sambungnya. (Tribun-video.com/KompasTV)

Baca juga berita terkait di sini

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul 21 Warga Dinyatakan Positif Covid-19, Satu RT di Cilincing Terpaksa Lockdown

# Cilincing # lockdown # Covid-19 # virus corona # DKI Jakarta

Editor: Panji Anggoro Putro
Reporter: Dea Mita
Video Production: Erwin Joko Prasetyo
Sumber: Kompas TV

Video Populer