Kanal

Detik-detik Roket Hamas VS Rudal Pencegat Iron Dome Israel, Saling Serang Berusaha Tembus Pertahanan

TRIBUN-VIDEO.COM - Militan Palestina, Hamas, menembakkan lebih dari 200 roket ke Israel sebagai serangan balasan atas serangan di Masjid Al Aqsa.

Dari ratusan roket yang dibombardir ke Israel itu, beberapa di antaranya berhasil menembus sistem pertahanan udara Israel, Iron Dome.

Hamas juga mengklaim rudal Sijeel barunya berhasil menerobos Iron Dome dan menghantam beberapa rumah di Ashkelon yang menyebabkan 2 orang meninggal dunia.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @infokomando, memperlihatkan pertama Rudal Iron Dome merespons datangnya ancaman roket dari luar perbatasan.

Kemudian, Rudal Iron Dome berhasil mencegat roket Hamas namun beberapa berhasil lolos memasuki Israel.

Dikutip dari KompasTV, sayap militer Hamas di Gaza-Palestina, Brigade Izzuddin Al-Qassam, mengakui telah menembakkan tujuh rudal ke Yerusalem yang telah dijadikan Ibu Kota Israel.

Baca: VIDEO Ribuan Warga Israel Bernyanyi dan Menari di Depan Kobaran Api di Kompleks Masjid Al Aqsa

"Brigade Al-Qassam melancarkan serangan rudal ke musuh di Yerusalem yang diduduki sebagai tanggapan atas kejahatan dan agresi terhadap kota suci, serta penganiayaan terhadap orang-orang kami di Sheikh Jarrah dan Masjid Al-Aqsa," terang juru bicara Brigade Izzudin Al-Qassam, Abu Obeida, Selasa (11/5/2021).

Selain itu, kelompok tersebut juga mengultimatum Israel untuk menarik semua pasukannya dari area Masjid Al Aqsa dan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur.

Sementara itu, militer Israel mengonfirmasi ada tujuh proyektil asal Gaza yang ditembakkan ke Yerusalem.

Satu di antaranya dicegat atau ditembak jatuh, dan lainnya menghantam kendaraan sipil di wilayah selatan yang melukai satu orang.

Serangan tujuh rudal ke Yerusalem tersebut nyaris bersamaan dengan serangan ratusan roket dan mortir asal Gaza ke sejumlah kota di Israel selatan.

Militer Israel telah membalas dengan membombardir Gaza dari udara.

Baca: Viral Video Warga Israel Sorak-sorai Bernyanyi dan Menari di Kompleks Masjid Al-Aqsa yang Terbakar

Hal tersebut mengakibatkan 20 warga Palestina di Gaza tewas, termasuk sembilan anak.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan setidaknya 11 dari mereka yang tewas adalah anggota kelompok Hamas yang telah meluncurkan ratusan roket ke Israel.

"Dalam beberapa hari ke depan, Hamas akan merasakan lengan panjang tentara [Israel]. Ini akan memakan waktu beberapa hari," kata juru bicara IDF Hidai Zilberman kepada wartawan yang dilansir Times of Israel, Selasa (11/5/2021).

Adapun, Menteri Pertahanan IDF, Benny Gantz memberi isyarat bahwa militernya akan meluncurkan perang besar-besaran sebagai respons atas serangan ratusan roket dari Gaza. (Tribun-video.com/KompasTV)

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul Balas Serangan Israel di Masjid Al-Aqsa, Brigade Al Qassam Hamas Tembakkan 7 Rudal ke Yerusalem

Editor: Purwariyantoro
Reporter: Dea Mita
Video Production: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: Kompas TV

Video Populer