Kanal

Warganet Heboh Jokowi Ajak Belanja Bipang Ambawang yang Ternyata Babi Panggang, Dikaitkan Lebaran

TRIBUN-VIDEO.COM - Viral potongan video Presiden Joko Widodo merekomendasikan makanan sebagai oleh-oleh lebaran yakni Bipang Ambawang asal Kalimantan Barat.

Kata "bipang" bahkan menjadi trending topic di media sosial.

Bipang sendiri bisa berupa kue beras dan ada pula bipang babi panggang, namun narasi yang beredar di media sosial menunjukkan Bipang yang berupa babi panggang.

Bukan tanpa alasan, meski penyebutan makanan khas Kalimantan, Bipang Ambawang ini adalah salah satu kuliner khas daerah tersebut.

Namun pernyataan soal Bipang Ambawang ini disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam momen lebaran.

Hal itulah yang menjadi awal hebohnya pernyataan orang nomor satu di Tanah Air ini soal kuliner Bipang Ambawang.

Apa yang diungkapkan oleh Jokowi ini pun jadi kontradiksi dengan perayaan lebaran -

Diinformasikan bahwa Netizen banyak yang menyoroti bipang yang dinarasikan sebagai babi panggang dan termasuk makanan haram bagi umat Islam.

Baca: Setelah 18 Tahun, Kini untuk Pertama Kalinya Ruangan KPK Terpajang Foto Presiden Jokowi dan Wakilnya

Baca: Pemerintah Disebut Beda Pendapat soal Pemberian THR bagi ASN, KSP: Jokowi dan Sri Mulyani Satu Suara

Netizen di media sosial mempertanyakan mengapa Presiden Jokowi mempromosikan bipang Ambawang pada saat menjelang Lebaran.

"Waduh siapa sih yang bikin narasi untuk oleh² mudik "Bipang Ambawang" ? Gila ente bro, kepala negara Lo buat promosi kuliner "Babi Panggang" dalam suasana mudik lebaran," kata akun @Nicho_Silalahi.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, dalam konteks secara keseluruhan, pernyataan Presiden dalam video itu untuk mengajak masyarakat Indonesia mencintai dan membeli produk lokal.

Lutfi juga mengingatkan bahwa pada 13-14 Mei 2021 adalah libur Hari Raya Idulfitri dan 13 Mei 2021 juga adalah hari libur Kenaikan Yesus Kristus.

Jadi ada dua hari libur keagamaan yang dirayakan dalam waktu yang bersamaan.

Menurut Lutfi, pernyataan Presiden tersebut ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, dan budaya yang memiliki kekayaan kuliner nusantara dari berbagai daerah.

Setiap makanan memiliki kekhasan dan menjadi makanan favorit lokal.

"Jadi sekali lagi kuliner khas daerah yang disebut Bapak Presiden dalam video tersebut untuk mempromosikan kuliner nusantara yang memang sangat beragam. Tentu kuliner tersebut dikonsumsi, disukai, dan dicintai oleh berbagai kelompok masyarakat yang juga beragam," jelas Lutfi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/5/2021). (Tribun-Video.com/KompasTV)

Artikel ini telah tayang di KompasTV dengan judul Netizen Soroti Ajakan Jokowi Belanja Bipang Ambawang, Ternyata Babi Panggang

# Bipang Ambawang # babi panggang # Kalimantan Barat

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Mufti Rosyidatul Fauziah
Video Production: Muhamad RisqiMei
Sumber: Kompas TV

Video Populer