Kanal

Angka Covid-19 di Negaranya Meningkat Tajam, Indonesia Resmi Larang WNA India Masuk Mulai 25 April

TRIBUN-VIDEO.COM - Diketahui angka Covid-19 di India mendadak meningkat tajam hingga membuat rumah sakit penuh.

Kini pemerintah Indonesia mengeluarkan larangan sementara untuk WNA India masuk mulai (25/4/2021).

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memutuskan menghentikan pemberian visa bagi orang asing yang pernah tinggal atau mengunjungi wilayah India dalam kurun waktu 14 hari.

Kebijakan itu akan berlaku mulai Minggu (25/4/2021) dan bersifat sementara serta masih akan terus dikaji.

"Kebijakan mulai berlaku hari Minggu, 25 April 2021. Peraturan ini nanti sifatnya sementara dan akan terus dikaji ulang," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, Jokowi memberikan arahan agar pemerintah waspada terutama soal peningkatan kasus Covid-19 di India.

Baca: PSI Minta Akses Masuk dan Keluar India Ditutup untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Baca: Update Berita Covid-19 23 April - Total 1.632.248 Positif, 1.487.369 Sembuh, 44.346 Meninggal

Terlebih di India tercatat ada perkembangan 15 juta kasus dan kasus per harinya di atas 300ribu.

"Kita rapat dengan beberapa yang jadi catatan yakni perkembangan kasus di India sudah 15 juta, kasus baru di atas 300 ribu per hari. Lonjakan kasus ini mengkhawatirkan dan strain Covid-19 baru, sehingga pemerintah mendorong beberapa hal (pengetatan) khusus untuk India," katanya.

Dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (23/4/2021), untuk WNI yang akan kembali ke Indonesia dari India dalam 14 hari, akan tetap diizinkan masuk dengan protokol kesehatan yang ketat.

Titik kedatangan yang dibuka untuk WNI adalah melalui pelabuhan udara yakni Bandara Soekarno-Hatta, Juanda, Kualanamu, dan Samratulangi.

Selain itu dari pelabuhan laut adalah Batam, Tanjung pinang dan Dumai serta untuk jalur darat adalah Entikong, Nunukan, dan Malinong.

Kemudian untuk WNI tersebut diberlakukan wajib dilakukan karantina selama 14 Hari di hotel khusus dan tes PCR dengan hasil negatif maksimum 2 kali 24 jam sebelum keberangkatan dan hari pertama kedatangan ke Indonesia.

(Tribun-Video.com/Tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BREAKING NEWS Pemerintah Resmi Larang WNA India Masuk Indonesia Mulai 25 April

# WNA India # Covid-19 # Airlangga Hartarto # Jokowi

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Ratu Budhi Sejati
Video Production: Muhamad RisqiMei
Sumber: Tribunnews.com

Video Populer