Kanal

CVR Alat Penangkap Percakapan atau Suara di Kokpit Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan Basarnas

TRIBUN-VIDEO.COM - Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito mengatakan tim telah menemukan bagian dari Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang berfungsi untuk menangkap data percakapan atau suara di kokpit pesawat.

Bagus menjelaskan bagian tersebut bernama CVR Electric Unit.

"Jadi yang ditemukan adalah bagian dari CVR unit yang disebut adalah CVR electronic unit yang berfungsi untuk menangkap data percakapan atau suara yang ada di kokpit. Itu yang sudah ditemukan," kata Bagus di Posko JICT II Tanjung Priok Jakarta Utara pada Minggu (17/1/2021).

Baca: Puing-puing Besar Sriwijaya Air Kembali Ditemukan Hari ke-9 Pencarian, Memori CVR Masih Dicari

Hingga hari kesembilan operasi SAR Gabungan tersebut, kata Bagus, pihaknya belum menemukan bagian CVR lainnya yang berfungsi untuk menyimpan data percakapan tersebut.

Bagian tersebut, kata Bagus, bernama Crash Survivable Memory Unit (CSMU).

"Yang belum ditemukan adalah yang kita sebut Crash Survivable Memory Unit yang berisi data percakapan atau suara di kokpit. Jadi yang pertama tadi fungsinya adalah menangkap, yang belum ketemu ini adalah yang merekam, yang berisi memorinya," kata Bagus.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Basarnas: Bagian CVR yang Berfungsi Menangkap Data Percakapan atau Suara di Kokpit Sudah Ditemukan

Editor: fajri digit sholikhawan
Video Production: Bhima Taragana
Sumber: Tribunnews.com

Video Populer