Kanal

LIVE UPDATE: Jasad Belum Teridentifikasi, Keluarga Gelar Salat Gaib untuk Captain Afwan

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUN-VIDEO.COM, CIBINONG - Keluarga pilot Sriwijaya Air SJ-182 Captain Afwan bersama warga kembali menggelar salat ghaib, Jumat (15/1/2021).

Shalat ghaib ini digelar di masjid Perumahan Bumi Cibinong Endah, Masjid Ad Daulah yang dilakukan oleh para kaum pria.

Shalat ghaib ini digelar setelah para jamaah menggelar shalat Jumat.

"Di rumah duka juga kami sudah melakukan salat ghaib, tapi kemarin dilakukan untuk ibu-ibunya saja. Karena ada protokol kesehatan ya, jadi dibatasi," kata perwakilan keluarga, Saeful Anwar kepada wartawan.

Dia menjelaskan bahwa jenazah Captain Afwan sampai saat ini belum ada kabar pasti ke keluarga.

Sehingga shalat ghaib didirikan yang menurutnya bagian dari rukun.

"Salat ghaib ini merupakan rukun ya. Yang pertama memandikan, kedua mengkafani, ketiga itu menyolatkan dan menguburnya. Karena jenazahnya tidak ada, maka diganti dengan salat gaib," kata Saeful.

Namun, jika jasad Captain Afwam ditemukan, keluarga akan tetap menggelar shalat jenazah.

"Dan sudah diputuskan insha Allah jika jasadnya ketemu, maka kami akan melakukan salat jenazah dan dimakamkan di (TPU) Pondok Rajeg," pungkasnya.

TPU Pondok Rajeg

Pihak keluarga Pilot Sriwijaya Air SJ 182 Captain Afwan sudah ikhlas menerima musibah yang menimpa sang pilot.

Hal ini dikatakan oleh sahabat sekaligus tetangga dari Captain Afwan, Saeful Anwar.

Saeful yang juga di lingkungan Perumahan Bumi Cibinong Endah bertugas di bidang pemakaman ini mengaku bahwa pihak keluarga sudah membahas soal pemakaman Captain Afwan.

Keluarga meminta jasad Captain Afwan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umun (TPU) Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Insya Allah di Pondok Rajeg. Kebetulan saya mendapat amanah mengurus jenazah di lingkungan sini," kata Saeful Anwar kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (13/1/2021) malam.

Dia menjelaskan bahwa jika jasad Captain Afwan tidak ditemukan, maka keluarga cukup tabur bunga.

Jika jasad Captain Afwan ditemukan, keluarga memilih untuk dimakamkan di TPU Pondok Rajeg.

"Kalau ketemu misalkan tubuhnya ketemu artinya wujudnya ada nih, saya pikir mau dimakamkan di Tangerang di keluarganya, ternyata beliau istrinya itu (meminta) di sini aja yang deket, di Pondok Rajeg," katanya.

Diberitakan sebelumnya, keluarga Pilot Sriwijaya Air SJ 182 Captain Afwan gelar shalat gaib di kediamannya di Perumahan Bumi Cibinong Endah, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (13/1/2021) malam.

Pantauan TribunnewsBogor.com, shalat gaib ini tampak diikuti secara terbatas oleh belasan warga sekitar yang merupakan para wanita.

Sahabat sekaligus tetangga Captain Afwan, Saeful Anwar menjelaskan bahwa shalat gaib ini juga sempat dilakukan pada Senin (11/1/2021) malam lalu.

"Ini sholat gaib yang pertama untuk yang di rumah duka. Malam Selasa kemarin di masjid," kata Saeful Anwar kepada TribunnewsBogor.com.

Dia menjelaskan bahwa pada Jumat (15/1/2021) esok, shalat gaib akan digelar kembali setelah shalat Jumat di masjid perumahan, Masjid Ad Daulah.

Saeful mengatakan bahwa shalat gaib ini digelar atas permintaan istri Captain Afwan, Pipit Rahmawati.

"Ini terininya dari istrinya, karena sudah mengikhlaskan dengan dasar mungkin temuan yang sekarang sudah kelihatan, juga dengan nasihat-nasihat takziah sebelumnya itu sudah menerima bahwa ini takdir Allah," terang Saeful.

Selain itu, di kediaman Captain Afwan ini juga akan digelar pengajian selama 7 hari bersama warga dengan jumlah yang dibatasi agar tidak berkerumun.

"Untuk pengajian Alquran, insya Allah selama 7 hari ini akan menghatamkan 1 juz," pungkas Saeful.(*)

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Jasad Pilot Sriwijaya Air Belum Ditemukan, Keluarga Captain Afwan Kembali Gelar Shalat Ghaib



Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Larasati Putri
Video Production: Kharis Ardiyansah
Sumber: Tribunnews Bogor

Video Populer