Kanal

Habib Rizieq Shihab Nekat Pulang sebelum Hasil Swab Test Keluar, RS Ummi: Kami Tak Bertanggung Jawab

TRIBUN-VIDEO.COM - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diketahui telah keluar dari Rumah Sakit (RS) Ummi Kota Bogor pada Sabtu (28/11) malam.

Padahal, pihak rumah sakit sebelumnya sudah menyarankan agar dilakukan swab test pada Rizieq Shihab terlebih dahulu.

Terkait hal tersebut, pihak rumah sakit menyatakan tak bertanggungjawab apabila terjadi sesuatu dengan pasien yang memaksa pulang.

Direktur Utama RS Ummi Bogor, Andi Tatat membenarkan Rizieq Shihab beserta keluarga pergi dari rumah sakit pada Sabtu (28/11) malam melalui pintu belakang.

Dikutip dari Tribunews.com, Senin (30/11), Andi mengatakan hal itu dilakukan demi kenyamanan pasien.

Baca: Rizieq Shihab Disudutkan, Sekjen: Hasil Swab Tidak Harus Disampaikan ke Publik" href="https://video.tribunnews.com/view/187580/merasa-rizieq-shihab-disudutkan-sekjen-hasil-swab-tidak-harus-disampaikan-ke-publik">Merasa Rizieq Shihab Disudutkan, Sekjen: Hasil Swab Tidak Harus Disampaikan ke Publik

Lebih lanjut, Andi mengatakan pihak rumah sakit telah menyarankan Rizieq Shihab menunggu hasil swab test terlebih dulu.

Namun, keluarga Rizieq menginginkan pemimpin FPI ini pulang.

"Pihak RS mengedukasi ke pasien dan keluarga mengenai pemeriksaan swab yang belum ada hasil, tapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang," kata Andi, Senin (30/11/2020).

Ia menambahkan pihaknya tidak akan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada pasien seperti Rizieq Shihab yang memilih pulang saat disarankan untuk menunggu beberapa waktu.

Pihaknya juga sudah meminta pihak keluarga pasien untuk menandatangi dokumen yang menyebutkan bahwa kepulangan Rizieq Shihab karena kemauan pribadi.

"Kami tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada pasien yang memaksa pulang."

"Oleh karenanya, pasien bersedia menandatangani dokumen bahwa kepulangan sepenuhnya atas kemauan pasien dan keluarga," lanjutnya.

Meski begitu, Andi menjanjikan akan segera mengumumkan hasil swab test Rizieq Shihab jika sudah ada laporan dari MER-C.

Seperti diketahui sebelumnya, Rizieq Shihab sempat dirawat di RS Ummi sejak Rabu (25/11) lalu.

Berdasarkan informasi yang disampaikann RS, Rizieq Shihab dirawat karena kelelahan seusai menjalani sejumlah agenda padat sepulangnya dari Arab Saudi.

Pihak RS menyatakan, berdasarkan pemeriksaan awal Rizieq Shihab tak menunjukkan gejala Covid-19.

Meski begitu, Wali Kota Bogor Bima Arya, tetap meminta Dinas Kesehatan berkoordinasi dengan RS Ummi Bogor agar melakukan swab test pada Rizieq.

Pasalnya, swab test akan sangat penting untuk kepastian dan keselamatan tim medis.

(Tribun-Video.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Soal Rizieq Shihab Pilih Pulang dari RS Ummi, Dirut RS: Tak Tanggung Jawab Jika Terjadi Sesuatu

Editor: Dita Dwi Puspitasari
Sumber: Tribunnews.com

Video Populer