Kanal

Kecewa Calonnya Tak Lolos Verifikasi, Timses Ontrog Panitia Pilkades Rawa Panjang

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUN-VIDEO.COM - Mosi tidak percaya dilayangkan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Rawa Panjang, Bojonggede, Kabupaten Bogor oleh puluhan pendukung dari salah satu Bakal Calon Kepala Desa yang tidak lolos verifikasi.

Ketua Tim Pemenangan Balon atas nama Muslih, Rudy mengatakan bahwa Panitia Pilkades Desa Rawa Panjang tidak melakukan tahapan-tahapan Pilkades dengan transparan.

"Jadi kami atas nama masyarakat Desa Rawa Panjang, terus terang ada sebagian pendukung juga merasa tidak percaya dengan Panitia Pilkades Desa Rawa Panjang ini karena ini sudah melanggar UU no 66 pasal 57.Jadi, kami tidak puas dengan cara kerja panitia," ujarnya, Jumat (27/11/2020).

Lebih lanjut, Rudy menilai bahwa Panitia Pilkades Desa Rawa Panjang yelah mengabaikan tahapan verifikasi di tingkat desa.

"Karena dalam berita acara, tanggal 29 Oktober itu, hari terakhir verifikasi data. Menurut UU, seluruh Balon diundang di sini. Itu tidak dilaksanakan oleh panitia. Kemudian, harusnya di situ kan data dibuka semua calon ada 7. Ini tidak dilaksanakan juga," paparnya.

Rudy pun mengaggap bahwa Panitia Pilkades Desa Rawa Panjang telah bertindak tidak tepat lantaran berkas dari dua Balon Kades justru diserahkan di Kecamatan bukan di tingkat Desa

"Verifikasi data itu kan ketika tanggal 29 Oktober itu semua sudah harus selesai. Ini ada dua calon yang menyerahkan berkas di Kecamatan," ungkapnya.

Tak hanya itu, Rudy membeberkan bahwa pihak Panitia dan Camat Bojonggede telah mengakui bahwa ada tahapan yang terlewatkan.

"Camat pun bilang sendiri bahwa ada 2 Balon di Desa Rawa Panjang ini yang belum lengkap berkasnya itu. Panitia sudah ngaku dan Camat juga bilang begitu," tegasnya.

Menyikapi kelalaian panitia, Rudy meminta agar Balon Kades atas nama Muslih dapat ditetapkan sebagai Cakades Desa Rawa Panjang.

"Ya ke depannya karena kami dicurangin dengan cara seperti ini, ingin kami calon kami atas nama Muslih naik menjadi Cakades. Harapan kami seperti itu," bebernya.

Pantauan TribunnewsBogor.com, hingga pukul 17.41 WIB, puluhan massa masih menduduki Sekretariat Panitia Pilkades Desa Rawa Panjang, Kabupaten Bogor.

Sementara, area Sekretariat Panitia Pilkades Desa Rawa Panjang, Bojonggede, Kabupaten Bogor dipenuhi berbagai spanduk berisikan tentang kekecewaan.(*)

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Sekar Manik Pranita
Sumber: Tribunnews Bogor

Video Populer