Kanal

LIVE UPDATE: Wali Kota Bogor Bima Arya Minta Habib Rizieq Shihab Swab Test Ulang

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUN-VIDEO.COM, BOGOR TENGAH - Habib Rizieq Shihab dikabarkan sudah menjalani swab test secara mandiri dengan mendatangkan petugas medis dari luar Rumah Sakit Ummi tempatnya melakukan medical chek up.

Padahal Pemerintah Kota Bogor melalui Satgas Covid-19 Kota Bogor sudah berkordinasi dengan pihak rumah sakit untuk memantau dan memastikan pelaksanaan swab test sesuai dengan prosedur.

Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Bogor sudah berkordinasi dengan pihak rumah sakit agar pelaksanaan swab test dilakukan dengan disaksikan oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Pihak rumah sakit pun mengabarkan bahwa tim dokter Habib Rizieq dalam perjalanan menuju rumah sakit sebelum pelaksanaan shalat Jumat.

"Saya sampaikan tadi jangan lupa kordinasikan karena tadi tetap harus disaksikan oleh Dinkes dan disepakati akan dikirim kemana untuk pemeriksaan hasil PCR tersebut," kata Bima.

Namun kenyataanya Habib Rizieq menjalani swab test tanpa sepengetahuan pihak rumah sakit dan Pemkot Bogor.

Habib Rizieq melakukan swab test saat pihak rumah sakit menjalani Shalat Jumat

"Setelah jumatan saya mendapatkan info bahwa habib telah dilakukan swab tes tanpa mengabari kami (Satgas Covid-19) kemudian saya komunikasi langsung dengan dr Andi dan disampaikan beliau, beliau juga tidak tau," katanya.

Mendapati bahwa Habib Rizieq sudah menjalani swab test Bima menyampaikan kepada pihak rumah sakit bahwa penting bagi Pemkot Bogor melalui Satgas Covid-19 untuk memastikan bahwa prosedurnya sesuai dengan protokol kesehatan.

"Dan ketentuan tim yang melakukan swab itu siapa dan dikirim ke lab mana," kata Bima.

Untuk mendapatkan kepastian bahwa prosedur pelaksanaan swab test berjalan dengan sesuatu aturan yang ada Bina meminta agar dilakukan swab test ulang dengan disaksikan petugas Dinas Kesehatan.

"Kami belum mendapatkan kepastian siapa yang menjalankan tes swab ini, artinya tidak ada dokumentasi dan tidak ada data saya juga berkordinasi dengan Satgas Jakarta lab ini (lab yang digunakan memeriksa swab Habib Rizieq) tidak terdaftar bahwa sebagai Ketua Satgas, yang sangat baik apabila dilakukan tes swab ulang," katanya.(*)

Editor: Radifan Setiawan
Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Tribunnews Bogor

Video Populer