Kanal

Mosi Tidak Percaya Peringati 1 Tahun Kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf, BEM SI: Ini Seperti Negeri Dongeng

TRIBUN-VIDEO.COM - Massa mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Arjuna Wijaya), Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Selasa (20/10/2020) ini.

Aksi unjuk rasa ini dilakukan dalam aksi tolak omnibus law Undang-undang Cipta Kerja yang bertepatan dengan satu tahun kerja Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dikutip dari Kompas.com, dalam orasinya, Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Remy menyinggung bahwa Indonesia seperti layaknya negeri dongeng dalam satu tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Negara telah gagal mengelola ini. Dalam satu tahun Jokowi, ini mengisyaratkan negeri ini seperti negeri dongeng," kata Remy dalam orasinya di atas mobil pick up.

Selain itu, Remy mengungkapkan kekecewaan bahwa massa di berbagai daerah dilarang turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Menurutnya, pemerintah kerap beralasan bahwa massa tak boleh turun ke jalan karena khawatir terjadi penularan Covid-19 akibat tak bisa menjaga protokol kesehatan.

"Bukan hanya Undang-Undang Cipta Kerja, banyak masalah yang terjadi dalam kepengurusan Presiden Jokowi. Menteri Pendidikan dari kemarin tidak bolehkan demo dengan alasan physical distancing," kata Remy.

"Saya sampaikan Pak, Bu, rakyat sudah paham physical distancing. Namun, lebih banyak masalah lebih dari Covid-19, yaitu oligarki, agraria yang tidak selesai. Pemerintah telah gagal mengelola negara ini," kata dia.

Untuk diketahui, hari ini sejumlah elemen kembali menggelar aksi unjuk rasa tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di Jakarta.

Selain mahasiswa, elemen buruh juga terlibat dalam aksi yang bertepatan dengan satu tahun masa jabatan Jokowi-Ma'ruf Amin ini.

Guna mengawal aksi, pihak kepolisian menerjunkan 6.000 personel di sekitar lokasi aksi.

Sebelumnya, demonstrasi serupa telah diselenggarakan di Jakarta sebanyak dua kali, yakni pada Kamis (8/10/2020) dan Selasa (13/10/2020).

Gelombang protes tolak UU Cipta Kerja belum surut sejak disahkan Pemerintah dan DPR pada 5 Oktober lalu. (Tribun-video.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul BEM SI Sebut 1 Tahun Kepemimpinan Jokowi-Maruf seperti Negeri Dongeng

Editor: Panji Anggoro Putro
Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: arvent
Sumber: Kompas.com

Video Populer