Kanal

Tak Bangun selama 10 Tahun, Suroto Tidak Mau Bicara, Relawan: Dia Hanya Meneteskan Air Mata

TRIBUN-VIDEO.COM - Seorang pria bernama Suroto asal Dusun Keron, Desa Krogowanan, Magelang Jawa Tengah memiliki perilaku aneh lantaran sudah 10 tahun hanya tiduran di tempat tidurnya tanpa melakukan aktivitas apa pun.

Ibu Suroto, Sukanti (75) tahun mengatakan bahwa selama 10 tahun anaknya tidak pernah bangun, tidak pernah bicara dan tidak pernah ke kamar mandi. Ia megaku bingung harus berbuat apa untuk menyembuhkan anaknya tersebut.

Dengan itu, aktivis kemanusiaan dari Masyarakat Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (MRI-ACT) Salatiga, Ardian Kurniawan Santoso mengunjung rumah Suroto pada Jumat (3/7/2020).

POPUPER: Nasib 3 Wanita yang Bermain TikTok Diiringi Lagu India di Jembatan Suramadu, Kini Diburu Polisi

Dikutip dari Kompas.com, Ardian menceritakan bahwa kondisi Suroto tampak sangat memprihatinkan. Selain lusuh tak terurus, rambutnya juga gimbal hingga sepunggung.

Ardian pun merawat Suroto dengan memotong kuku dan rambut gimbalnya hingga memandikan Suroto serta menggantikan pakaian pantas pakai.

Ia menceritakan, setelah mendapatkan perhatian darinya, tampak Suroto tiba-tiba meneteskan air mata namun masih enggan untuk berbicara.

"Seperti mau berbicara tapi tertahan. Nanti secara perlahan diajak berkomunikasi dan dirawat, agar bisa kembali normal," kata Ardian.

Dijelaskan oleh Sukanti, sebelumnya sang anak sehat dan berperilaku seperti layaknya orang normal.

Sementara tetangga Suroto, Sujono mengatakan perilaku aneh yang dilakukan Suroto ini sebelumnya sudah pernah terjadi pada tahun 1993.

Diketahui, Suroto tiduran dan mengurung diri di rumah selama dua tahun.

Kendati demikian, Suroto sempat mau kembali bangun dan beraktivitas layaknya orang normal dengan merantau ke Bandung untuk mencari pekerjaan.

Namun, sikapnya kembali berubah saat Suroto mendapati ibunya menggunakan uang yang dititipkan untuk membeli motor justru habis untuk kebutuhan sehari-hari.

Suroto pun kecewa dan sempat depresi hingga dirinya juga pernah terlibat persoalan kriminal dan dipenjara.

Sujono melanjutkan, Suroto kembali berperilaku aneh saat keluar dari penjara dengan menjadikan ratusan bambu sebagai tiang pancang yang mengelilingi rumahnya.

Namun hal itu tak berlangsung lama. Setelah ada erupsi Gunung Merapi, Suroto kembali memilih tiduran dan mengurung diri di rumah hingga sekarang.

(Tribun-Video.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengakuan Relawan Saat Merawat Suroto yang Tiduran 10 Tahun: Seperti Mau Bicara tapi Tertahan"

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Ruth Aurora Chintya Natasha Iswahyudi
Video Production: Bhima Taragana
Sumber: Kompas.com

Detik-detik Penyelamatan Gadis yang Diculik di Pamekasan, Sempat Kirim Lokasi Lewat WhatsApp

Video Populer