Kanal

Masjid Baitur Ridwan Bogor Tetap Lakukan Cek Suhu sebelum Jemaah Masuk Tempat Ibadah

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUN-VIDEO.COM, BOGOR TENGAH - Untuk memutus mata rantai Covid-19, Pemerintah Kota Bogor mengeluarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB ) yang berimbas pada pembatasan aktifitas di sektor usaha, pendiddikan bahkan hingga rumah ibadah.

Kondisi itu juga berimbas pada pembatasan aktifitas di dalam Masjid Baitur Ridwan, Jakan KH Abdullah Bin Nuh, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Namun untuk tetap bisa digunakan untuk menjalankan aktifitas ibadah sejak diberlakukan PSBB Masjid Baitur Ridwan memperketat protokol kesehatan.

Walaupun sebelum diberlakukan protokol kesehatan, DKM masjid Baitur Ridwan sejak awal rutin menjaga kebersihan masjid diantaranya adalah dengan menyediakan sabun cair di setiap keran wudu.

Selain itu pihak DKM Masjid Baitur Ridwan telah melakukan antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona diantaranya dengan menyediakan tiga unit bilik disinfektan khusus yang dirancang untuk sterilisasi bagi setiap orang yang memasuki masjid.

Disetiap titik bilik disinfektan disediakan hand sanitizer.

Jemaah yang datang sebelum masuk ke area masjid diperiksa suhu tubuh terlebih dahulu.

Selanjutnya setelah itu jemaah harus melewati bilik disinfektan.

Tidak hanya itu di lokasi wudu jemaah pun berjauhan.

Ketua DKM Masjid Baitur Ridwan, H. Firman Sidik Halim mengatakan bahwa protokol kesehatan diperketat.

"Setiap hari dilakukan sterilisasi dengan melakukan pengepelan lantai tempat beribadah sebelum dan sesudah salat lima waktu, dilakukan penyemprotan disinfektan diseluruh area masjid, jadi kami melakukan pembatasan dan menerapkan protokol kesehatan disini," jelasnya.

Firman menerangkan apabila suhu tubuhnya jemaah berada di angka 37,5, maka akan dipersilahkan untuk salat di rumah selain itu setiap jemaah yang tidak menggunakan masker, akan diberikan masker oleh petugas.

Untuk kegiatan salat berjemaah juga diberikan jarak khusus sekitar satu meter.

"Jumlah petugas yang mengawasi dan menjalankan protokol kesehatan sebanyak 4 orang, ditambah 4 orang marbot petugas kebersihan masjid, Kami mendukung kebijakan pemerintah dan setiap akan memasuki azan waktu salat, disiarkan dulu rekaman imbauan dari Pemkot Bogor berisikan surat edaran soal Covid-19," ucapnya.

Protokol kesehatan yang diterapkan pihak DKM Masjid Baitur Ridwan mendapat apresiasi dari Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor, KH Ade Syarmili.

Ia mengatakan, yang dilakukan Masjid Baitur Ridwan adalah upaya maksimal dari DKM dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tanpa harus meninggalkan rumah ibadah.

"Masjid Baitur Ridwan salah satu masjid terbaik yang menerapkan protokol kesehatan, disana memberikan keamanan dan kenyamanan untuk beribadah, kami sangat mengapresiasi dan semoga masjid masjid lainnya di Kota Bogor bisa meniru dan menerapkan protokol kesehatan seperti di Baitur Ridwan," katanya.

Ditempat terpisah Camat Bogor Barat, Estiningsih mengatakan bahwa Masjid Baitur Ridwan merupakan masjid terbaik yang melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Masjid Baitur Ridwan inilah salah satu masjid terbaik yang melaksanakan protokol kesehatan sempurna,"ujarnya. (*)

Editor: fajri digit sholikhawan
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Tribunnews Bogor

Seorang Remaja Tewas Dililit Ular Sepanjang 4 Meter, Warga Tak Berani Tolong dan Hanya Menonton

Video Populer