Kanal

Resmi, Pemerintah Geser Cuti Bersama Idul Fitri 2020 ke Akhir Tahun akibat Wabah Virus Corona

TRIBUN-VIDEO.COM - Pemerintah menggeser cuti bersama Hari Raya Idul Fitri dari Mei 2020 ke Desember 2020 akibat wabah Virus Corona yang terjadi di Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat yang digelar Kamis (9/4/2020) terkait perubahan Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 174 Tahun 2020, Nomor 01 Tahun 2020 dan Nomor 01 Tahun 2020.

Dikutip dari Kompas.com, dijelaskan oleh Menteri Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, tambahan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri yang semula tanggal 26-29 Mei 2020, dicabut dan digeser ke akhir tahun pada 28-31 Desember 2020.

"Tambahan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri yang semula tanggal 26-29 Mei 2020, dicabut dan digeser ke akhir tahun pada tanggal 28-31 Desember 2020," kata Muhadjir.

Selain menggeser cuti bersama Idul Fitri ke Desember, rapat tersebut juga menghasilkan sejumlah kesepakatan.

Di antaranya adalah libur Hari Raya Idul Fitri tetap pada 24-25 Mei 2020 serta tambahan cuti bersama pada hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober 2020.

Muhadjir Effendy juga menjelaskan, akhir tahun juga masuk dalam liburan sekolah, sehingga keluarga memiliki cukup waktu untuk merencanakan liburan setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Lebih jauh Muhadjir mengatakan, kebijakan tersebut diambil dalam menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait imbauan tidak mudik dan penggantian libur lebaran tahun 2020.

Terkait pandemi ini, Muhadjir juga mengimbau pada semua masyarakat untuk tidak melakukan mudik terlebih dahulu ke kampung halaman.

Adapun dalam rapat melalui video cofnference tersebut diikuti oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah.

Kemudian Menteri Agama Fachrur Razi, Menparekraf Wishnutama, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Kapolri Idham Aziz serta perwakilan kementerian/lembaga terkait lainnya.

(Tribun-Video.com/Nila)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Geser Cuti Bersama Idul Fitri 2020 ke Akhir Tahun"

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Reporter: Nila
Video Production: Desy Noormawati Amalia
Sumber: Kompas.com

Viral Video Wanita Hamil Diseret Petugas Pakai APD di RS Makassar: Tidak Bisa Diambil Suamiku

Video Populer