Terkini Daerah

Satu Keluarga Tewas Tertimbun Longsor di Pacitan

Sabtu, 8 Desember 2018 21:09 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Satu rumah di Kecamatan Kebonagung, Desa Sidomulyo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (8/12/2018), tertimbun material longsor.

Akibatnya, empat orang dalam satu keluarga tewas tertimbun material longsor.

Mereka adalah sepasang suami istri, bernama Misgiman (62) dan Sogirah (46) serta Bogiyem (72) dan Katminem (58) yang merupakan orangtua dan kakak dari salah satunya.

Keempat jenazah sudah ditemukan oleh tim Basarnas Pos SAR Trenggalek, Polri, TNI, bersama masyarakat sekitar pukul 10.00 WIB.

"Semua korban yang tertimbun berhasil dievakuasi dan letak korban berdekatan," ungkap Sukatmin (60), tetangga korban.

Peristiwa tanah longsor ini berawal pada pada saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut, Pada Jumat sekitar pukul 22.00 WIB, terdengar suara gemuruh.

Tidak lama kemudian material tanah dari tebing belakang rumah korban longsor menimbun seluruh bangunan. Saksi mata berusaha memanggil nama korban, namun tidak ada jawaban.Kemudian saksi mata melaporkan kejadian ini ke warga yang lain, dan diteruskan ke polsek setempat.

"Awalnya terdengar suara gemuruh dan seperti ada gempa, Beberapa menit kemudian terdengar suara longsor menimpa rumah. Saya langsung keluar, dan memanggil nama korban satu-satu, tapi tidak ada jawaban," ucap Sukatmin.

Setelah ditemukan, keempat korban langsung dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat.

Longsor dipicu oleh hujan deras yang mengguyur hampir merata di wilayah Kabupaten Pacitan sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi.

Kawasan RT 002/RW 002 di Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan merupakan lokasi longsor yang paling parah.

Material berupa tanah dari tebing setinggi sekitar 20 meter hingga 50 meter menimbun satu permukiman warga. "Hujan deras sekali mulai Jumat (8/12/2018) malam hingga Sabtu pagi dan baru kali ini terjadi longsor.

Sebelumnya pernah longsor tapi di tempat agak jauh," ujar Sukatmin. Selain tanah longsor, banjir juga merendam sejumlah titik di Kecamatan Kebonagung serta sebagian Kelurahan Sirnoboyo. (Kompas/Slamet Widodo).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Satu Keluarga Tewas Tertimbun Longsor di Pacitan, Ditemukan Berdekatan

ARTIKEL POPULER:

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Ditanya Pilih Jokowi atau Prabowo, Begini Jawaban dan Saran Cak Nun

Baru Sebulan Menikah, Wanita di Palembang Dianiaya Sang Suami saat Telepon Ibunya

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Purwariyantoro
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved