Terkini Daerah

Komplotan Remaja Jadi Begal Hanya untuk Foya-foya

Jumat, 7 Desember 2018 20:22 WIB
TribunJakarta

TRIBUN-VIDEO.COM - Tiga orang komplotan begal yang digawangi remaja di bawah umur mengaku, hasil rampasan begal berupa sepeda motor dijual melalui online.

Dari penjualan itu, mereka gunakan untuk foya-foya.

Kapolsek Bantargebang, Kompol Siswo mengatakan, berdasarkan pengakuan pelaku, sepeda motor hasil rampasan dijual seharga Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Mereka menjual melalui media sosial dan uangnya digunakan untuk foya-foya yakni membeli ponsel serta sepeda motor baru.

"Jadi hasil penjualan sepeda motor rampasan mereka jual dan uang dibagi-bagi, tadi ada pengakuan mereka beli sepeda motor baru dari hasil uang itu, lalu juga ada yang beli ponsel baru, mereka juga pakai buat senang-senang nongkrong," kata Siswo, Jumat, (7/12/2018).

Ketiga pelaku yang berhasil diringkus diantaranya, RA alias Gembel (15), AP (16), dan A (15), sedangkan dua pelaku O dan B masih dalam pengejaran.

Komplotan begal ini diketahui merupakan anak-anak putus sekolah dan sudah 15 kali beraksi di wilayah Kota Bekasi hingga ke perbatasan Kabupaten Bekasi tepatnya Kecamatan Setu.

"Mereka gak punya kelompok lain, kelompok mereka ya lima orang ini aja, dan mereka juga punya grup WA (Whatsapp) untuk komunikasi antar anggotanya sebelum beraksi," jelas dia.

Sementara dalam melancarkan aksinya, masing-masing pelaku punya peran tersendiri. Mereka biasanya beraksi di atas jam 11 malam dengan cara berkeliling menggunakan dua sepeda motor. Dua orang bertindak sebagai joki dan tiga orang lainnya bertindak sebagai eksekutor.

"Modusnya mereka bersama-sama, dua seperda motor berbonceng dua orang, dan berbonceng tiga orang, yang bernceng dua orang itu mereka memepet korban, sedangkan yang berbonceng tiga mengancam korban menggunakan senjata tajam dan merampas sepeda motor," jelas dia.

Penangkapan komplotan begal berawal dari laporan korban Endi Suhendi yang mengaku kehilangan sepeda motor usai dibegal di depan PT. Patmasode, Jalan Raya Narogong, RT01, RW02, Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Senin, 26 November 2018 sekitar pukul 03.00 WIB.

Anggota yang mendapati laporan kata Siswo, langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) serta dilanjut penyelidikan. Adapun sepeda motor yang dirampas komplotan begal itu berupa Honda Beat dengan nomor polisi B 3032 KRF.

"Melalui ciri-ciri sepeda motor yang dirampas pelaku, kami kemudian melakukan penelusuran hingga didapati informasi bahwa sepeda motor korban berada di sebuah rumah kontrakan di daerah Ciketing Kecamatan Mustikajaya," jelas Siswo.

Ketika digeledah, polisi mendapati satu orang pelaku berikut sepeda motor milik korban. Selain itu, di lokasi rumah kontrakan tersebut, polisi juga mendapati barang bukti berupa senjata tajam dan kunci leter T yang diduga biasa digunakan pelaku saat beraksi.

"Dari penggeledahan dan penangkapan satu orang pelaku, kita langsung lakukan pengembangan, dan berhasil menangkap dua pelaku lainnya di tempat terpisah," ungkap Siswo.

Dari tangan para pelaku, polisi berhasil menyita barang bukti hasil curian diantaranya satu unit Honda Beat nomor polisi B 3032 KRF, Honda Beat warna merah B 3982, satu unit Honda Vario, satu buah gergaji besar, satu bilah celurit, satu bilah parang, dan dua kunci leter T.

Akibat perbuatannya, ketiga pelaku dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.
(Tribun Jakarta / Yusuf Bachtiar).

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Komplotan Begal Remaja Pakai Uang Hasil Jual Motor Buat Foya-foya

ARTIKEL POPULER

Baca: Ditangkap Polisi, Pelaku yang Begal Mahasiswa di Makassar hingga Tangannya Putus Berjumlah 5 Orang

Baca: Beredar Kabar di Media Sosial Pelaku Pembegalan Tertangkap, Polisi: Sementara Hoaks

Baca: Mahasiswa di Makassar Dibegal hingga Tangannya Terputus, Begini Kronologinya

 

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Purwariyantoro
Sumber: TribunJakarta
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved