Terkini Metropolitan

Anies Baswedan Tinjau Lokasi Langganan Banjir Rob di Kamal Muara

Rabu, 28 November 2018 22:07 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lakukan peninjauan ke lokasi terjadinya banjir rob di RW 4, Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (28/11/2018) malam.

Anies tiba di lokasi sekiranya pukul 18.48 WIB dengan masih menggunakan baju dinas hariannya dan langsung menaiki dinding tanggul besar yang tengah dibangun.

Dalam kesempatan itu, dia ditemani oleh Walikota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau, dan Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda Provinsi DKI Yusmada Faizal.

Anies meninjau sepanjang tanggul untuk melihat progress pembangunan bangunan yang menjadi andalan warga menangkal banjir akibat luapan air pada muara di sebelahnya.

Di sel-sela peninjauan, tak lupa Anies melayani para warga yang ingin berfoto bersamanya.

Hindari warga berebut dan berdesak-desakan, Anies berinisiasi supaya warga berbaris di kiri dan kanannya agar mereka bisa berfoto bersamanya sekaligus.

Kemudian Anies melanjutkan tinjauannya ke pemukiman yang berada di sepanjang kawasan Kamal Muara hingga ke rumah-rumah yang berada di ujung laut.

Disana, dia melihat sendiri air parit yang nyaris meluap ke jalanan.

Sebagai informasi, proyek tanggul tersebut merupakan bagian dari tanggul raksasa yang dibangun untuk menjaga beberapa titik di wilayah utara Jakarta terancam tenggelam pada 2030 akibat dampak dari permukaan tanah yang terus alami penurunan.

Pemerintah membangun tanggul raksasa tersebut sepanjang 20 km, dan membaginya jadi 3 bagian. Kementerian PUPR membangun 4,8 km di wilayah Kamal Muara, Kalibaru dan Pluit di Muara Baru.

Bagian lainnya akan dibangun oleh Pemda DKI sepanjang 6,7 km, yang berada di wilayah Kamal Muara, Muara Angke, Sunda Kelapa dan Kali Blencong.

Saat ini sudah dilaksanakan pembangunan sekitar 30% di Kali Muara, Kali Blencong sekitar 50% dan persentase yang sama di bagian pasar ikan Muara Angke dan Sunda Kelapa. (*)

ARTIKEL POPULER:

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Ditanya Pilih Jokowi atau Prabowo, Begini Jawaban dan Saran Cak Nun

Bapak di Banjarbaru Cabuli Anak Kandung Selama Belasan Tahun, Dilakukan Satu Minggu Tiga Kali

Editor: Radifan Setiawan
Reporter: Danang Triatmojo
Video Production: Alfin Wahyu Yulianto
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved