Terkini Daerah

Ditpolair Polda Jateng Gelar Sosialisasi Penegakan Hukum di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan

Sabtu, 10 November 2018 15:53 WIB
Tribun Jateng

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUN-VIDEO.COM, PEKALONGAN - Rawannya daerah pesisir untuk transaksi barang ilegal maupun bencana disadari betul oleh pihak Polda Jateng. Untuk itu, jajaran Polair Polda Jateng gelar sosialisasi penegakan hukum terhadap masyarakat pesisir yang ada di Kota Pekalongan.

Ditambah lagi, memasuki musim hujan dimana ombak besar dan rob kerap melanda daerah pesisir pantai, dari empat wilayah di Kota Pekalongan. Tercatat Kecamatan Pekalongan Utara dan Barat setiap tahunnya menjadi langganan bencan banjir rob.

Di jelaskan, AKP Rudi Kisworo Petugas Binmas Polair Polda Jateng, Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, jajarannya gencar melakukan sosialisasi baik di Kota Pekalongan, dan wilayah pesisir yang ada sepanjang pantai Utara.

"Untuk membantu masyarakat setiap Polres sepanjang jalur Pantura akan di siagakan satu kapal yang diisi oleh empat personil, dan akan siaga selama 24 jam," katanya.

Selain itu, pihak menekan agar masyarakat pesisir selalu waspada, baik terkait bencana ataupun tindak penyelundupan narkoba.

Baca: Fasilitas TPI Kota Pekalongan Akan Ditambah Wifi dan Videotron

"Karena wilayah pesisir kerap dijadikan tempat untuk bertransaksi, dan nelayan dijadikan sebagai pengirim barang. Dan kebanyakan nelayan tidak tahu menahu barang apa yang dititipkan, hal tersebut tentunya akan berurusan dengan pihak berwajib," paparnya dalam sosialisasi penertiban dan penegakan hukum bagi organsiasi radikal dan anti Pancasila di masyarakat pesisir, yang dilaksanakan di kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP), Jumat (9/11/2018).

Jalur jalur pelayaran dan cuaca buruk dipaparkan AKP Rudi, harus dipahami betul oleh para nelayan agar selamat saat melaut.

"Tak jarang beberapa kasus menyebabkan nelayan meninggalkan dunia saat melaut karena tidak menghiraukan peringatan cuaca buruk yang dikeluarkan oleh BMKG. Lalu jalur pelayaran besar juga kerap dilalui oleh nelayan dengan kapal kecil, alhasil, kapal mereka tertabrak kapal besar, bahkan beberapa waktu lalu di perairan Kendal 8 orang nelayan mengalami kecelakaan karena kapal mereka hancur dihantam kapal besar," tambahan.

Selain memberikan sosialisasi, pihak Polair Polda Jateng juga memberikan bantuan kepada puluhan nelayan di pesisir Kota Pekalongan berupa pelampung untuk keselamatan saat melaut. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Antisipasi  Bencana dan Peredaran Barang Ilegal, Polair Polda Jateng akan Siagakan Anggota 24 Jam

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Tribun Jateng
Tags
   #Ditpolair   #Polda Jateng   #Pekalongan
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved