Terkini Daerah

Fasilitas TPI Kota Pekalongan Akan Ditambah Wifi dan Videotron

Sabtu, 10 November 2018 15:29 WIB
Tribun Jateng

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUN-VIDEO.COM, PEKALONGAN - Transaksi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan mencapai sekitar Rp 1 miliar setiap harinnya.

Untuk meningkatkan nilai transaksi, pengelola TPI berencana membangun berbagai fasilitas tambahan.

Walau banyak kendala dalam pembangunan, mereka akan berkoordinasi dengan instansi terkait guna meningkatkan potensi perikanan di Kota Pekalongan.

Para nelayan yang menjadikan TPI sebagai jujukan menjual ikan menyatakan peningkatan fasilitas di TPI memang harus dilakukan.

"Setiap hari aktivitas bongkar muat di TPI mencapai 30-50 ton. Pada musim ikan bisa mencapai 100 ton itu pun harus dibongkar selama tiga hari," kata Slamet Ropii (52), nelayan Pekalongan, Jumat (9/11/2018).

Dia menuturkan, lantai dan timbangan di TPI sudah seharusnya diganti karena sudah rusak dan dalam kondisi tidak layak.

"Kalau TPI diperbaiki dengan fasilitas memadai pasti hasilnya akan meningkat, Hasil ikan di TPI dipasok ke beberapa daerah seperti Banjarnegara, Kabupaten Pekalongan dan beberapa wilayah lainya," jelasnya.

Pemkot Pekalongan pada akhir 2018 menargetkan Rp 5,5 miliar dari retribusi TPI.

Hingga akhir September baru terkumpul Rp 2,9 miliar.

Menurut Kepala TPI Kota Pekalongan Mochtar Sanusi, TPI pernah mengalami kejayaan pada era 1980 hingga 1990 dengan capaian 100 ribu ton setiap tahunnya.

Baca: Musim Ikan, Harga Ikan Teri di Pekalongan Mengalami Penurunan

"Menurut catatan memang jumlahnya jauh menurun dibandingkan beberapa tahun ini. Pada 2017 total bongkar muat mencapai 10 ribu ton. Tahun ini setiap hari rata-rata mencapai 30-50 ton. Tapi, Oktober lalu pernah mencapai 100 ton," katanya.

Pihaknya akan mengubah wajah TPI agar lebih modern dengan menambahkan wifi, videotron, running text, dan perbaikan timbangan.

"Ada tiga timbangan besar dengan kapasitas sekitar 500 kilogram, namun kondisinya rusak, dan kami masih lakukan perbaikan. Timbangan kecil ada 10 yang mengakomodir aktivitas lelang ikan di TPI," paparnya.

Selain itu, memasuki musim hujan TPI juga mengalami kendala karena halaman parkir dan gerbang depan selalu direndam air rob.

"Walaupun tidak signifikan tapi tetap mengganggu karena kendaraan tidak bisa parkir. Pendangkalan dan kurang luasnya area masuk kapal juga menjadi kendala untuk mengembangkan TPI," imbuhnya.

Maka dari itu pihaknya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna meningkatkan TPI dan mengembalikan masa kejayaan seperti era 1980 hingga 1990.

"Kami tidak bisa sendiri mengembangkan TPI, karena semua instansi terlibat, untuk merubah wajah TPI kami sangat berharap semua pihak bisa berkerja sama," terangnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Fasilitas TPI Kota Pekalongan Akan Ditambah, Bakal Ada Wifi dan Videotron

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved