Terkini Daerah

PT KAI Angkat Bicara Terkait Insiden Surabaya Membara yang Tewaskan Tiga Penonton

Sabtu, 10 November 2018 13:10 WIB
Surya

TRIBUN-VIDEO.COM - Terkait Insiden Surabaya Membara, di Viaduk Jalan Pahlawan, Surabaya Jumat (9/11/2018) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8, Surabaya memberikan komentar.

Dilansir Tribun Video dari Surya, Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmoko mengatakan bahwa hal itu adalah kesalahan panitia penyelenggara.

Gatut menyayangkan panitia tidak terlebih dulu berkoordinasi dengan PT KAI dan tidak melakukan sosialisasi pada penonton agar tidak menonton dari jembatan viaduk.

"Kelalain panitia penyelenggara juga, karena tidak ada koordinasi dengan KAI, dan tidak ada imbauan atau larangan untuk tidak menonton di jembatan viaduk KAI. Jalur kereta api (KA) tersebut aktif setiap hari, dilewati KA penumpang dan barang," jelasnya usai kejadian tersebut.

Baca: Insiden Surabaya Membara Regang Nyawa Bocah 9 Tahun, Terlepas dari Pegangan Ibu saat Kereta Melintas

Ia mengatakan bahwa berada di jalur KA akan sangat berbahaya apalagi di jembatan atau viaduk lantaran saat melintas, KA tidak bisa mengerem mendadak.

Gatut juga mengatakan bahwa KA yang melintas saat itu sudah membunyikan semboyan 35 (suling lokomotif) dan telah mengurangi kecepatan normal yakni 30 km menjadi 15 km per jam.

Lebih lanjut Gatut menerangkan sesuai ketentuan dalam Pasal 181 ayat (1) UU 23 2007, Setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api, dilarang menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel atau melintasi jalur kereta api, atau menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain, selain untuk angkutan kereta api.

Diberitakan sebelumnya, pukul 20.00 WIB saat drama kolosal Surabaya Membara berlangsung 15 menit, kereta melintas di viaduk Jalan Pahlawan.

Baca: Insiden Hari Pahlawan Berujung Duka Bagi Seorang Ayah

Banyak penonton yang memadati viaduk tersebut, akibatnya saat kereta melintas semua penonton ribut untuk menyingkir dan saling dorong.

Banyak dari mereka yang tak sempat menepi bahkan ada korban yang tersenggol kereta api hingga terjatuh dari ketinggian tujuh meter.

Penonton yang terjatuh sebagian mengalami patah tulang, sementara itu korban yang terlindas kereta api meninggal dunia.

Berdasarkan catatan polisi, ada tiga korban meninggal dan 20 korban dengan luka berat dan ringan.

Meski terjadi insiden yang tak diinginkan, pemutaran drama kolosal Surabaya Membara tetap berlangsung.

Simak videonya di atas!(Tribun-Video.com/Yulita Futty Hapsari)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Penonton Surabaya Membara Ditabrak Kereta di Viaduk Jl Pahlawan, PT KAI Sebut Panitia Lalai

TONTON JUGA:

Editor: fajri digit sholikhawan
Reporter: Yulita Futty Hapsari
Video Production: Riesa Sativa Ilma
Sumber: Surya
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved