Kabar Selebriti

Konjen Jepang Datangi Imigrasi Bali Terkait Pemeriksaan Maria Ozawa

Jumat, 9 November 2018 12:14 WIB
Tribun Bali

TRIBUN-VIDEO.COM - Ramainya pemberitaan mengenai Maria Ozawa diperiksa petugas Imigrasi Denpasar dua hari lalu menyita perhatian Konsulat Jenderal Jepang di Bali.

Dua orang petugas dari Konjen Jepang mendatangi Kantor Wilayah Kemenkumham Bali di Renon Denpasar, Kamis (8/11/2018) sore.

Namun dua staf Konsulat Jepang tersebut enggan memberikan keterangan saat keluar ruangan dan berjalan hingga ke parkir mobil.

"Maaf, maaf, maaf," kata seorang staf pria yang mengenakan kemeja batik sambil mengangkat kedua tangannya menunjukkan permintaan maaf kepada awak media yang meminta keterangannya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali Agato P Simamora mengatakan, kedatangan kedua staf Konsulat Jepang di Bali ini guna meminta penjelasan soal pemeriksaan salah satu warga negaranya, yakni Maria Ozawa alias Miyabi.

Baca: Pemeriksaan Maria Ozawa oleh Imigrasi, Konsulat Jepang Turun Tangan

"Tadi mereka bertemu dengan saya. Dan saya menyampaikan apa yang disampaikan dalam konferensi pers ini. Tentunya dalam harapan pemerintah Jepang dapat memahami kedaulatan hukum Indonesia, khususnya dalam penegakan keimigrasian terhadap setiap warga negara asing yang berada di wilayah Indonesia, termasuk warga Jepang tersebut," kata Agato, saat jumpa pers.

Ia mengatakan, pihak Konsulat Jepang itu dapat menerima penjelasan yang diberikan pihak Imigrasi Bali.

"Tanggapannya setelah dilakukan klarifikasi yang sama dapat memahami penjelasan yang saya berikan," katanya.

Sementara itu, mengenai pemeriksaan Maria Ozawa, Agato membenarkan mengenai hal tersebut.

Kejadian berawal dari adanya postingan flyer event dari Barbie Nouva, yang mengadakan event terbuka untuk umum dengan mengundang mantan pemain film panas asal Jepang Maria Ozawa.

Pemberitaan juga menyebutkan, adanya tiket paket dijual untuk dapat ikut dan nominal paketnya lumayan fantastis, sehingga pihaknya menaruh kecurigaan bahwa Maria Ozawa bekerja pada acara tersebut lalu dilakukan monitoring dan pengawasan langsung oleh pihaknya.

Baca: Usai Diperiksa di Kantor Imigrasi, Maria Ozawa Curhat Panik hingga Syok, Petugas Justru Ajak Selfie

Namun setelah melakukan klarifikasi langsung pada Rabu (7/11/2018) dini hari di Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, kata Agato, ternyata dugaan tersebut tidak terbukti.

"Tidak ditemukan adanya pelanggaran penggunaan bebas visa dia, ya kita persilakan pulang. Dan pagi harinya langsung kembali ke Manila," jelas Agato.

Seperti diberitakan, mantan bintang film dewasa Maria Ozawa curhat di instagram pribadinya terkait pengalaman kurang menyenangkan yang dialaminya saat berurusan dengan petugas Kantor Imigrasi Klas I Denpasar, Rabu (7/11/2018) dini hari.

Itu terjadi stelah dia menghadiri acara pesta ulang tahun sahabatnya, Barbie Nouva, Selasa (6/11/2018) malam.

"Aku datang ke acara ulang tahun teman baikku Barbie Nouva sebagai undangan. Tiba-tiba ada dua orang pria mendatangi saya dan bilang mereka adalah petugas Imigrasi yang ingin mengecek paspor saya. Kemudian mereka pergi dengan membawa serta paspor saya," ujar Maria, yang kini telah kembali ke Manila, Filipina.

Maria mengatakan, petugas Imigrasi waktu itu berkata bahwa paspor Maria diperiksa karena ada informasi bahwa dia datang ke acara ultah itu untuk melakukan pekerjaan terselubung, bahkan, kabarnya, akan menggelar sex party di atas boat.

Baca: Kronologi Pemeriksaan Maria Ozawa di Imigrasi Denpasar, Berawal Laporan Masyarakat di Media Sosial

Maria membantah semua tudingan itu.

"Setelah membicarakan banyak hal yang tidak masuk akal selama dua jam di dalam kantor Imigrasi, mereka mencetak beberapa kertas untuk saya tandatangani. Lalu mereka mengembalikan paspor saya. Mereka bilang bahwa saya sangat terkenal di Indonesia. Akhirnya kita keluar dari ruangan itu. Dan mereka meminta berfoto selfie dengan saya. Coba lihat, serius tidak? Orang Imigrasi hanya membuat cerita main-main agar saya datang ke Kantor Imigrasi dengan alasan mengambil paspor saya, hanya untuk minta foto bareng dengan saya," kata dia.

Hal senada disampaikan Barbie Nouva.

Penyanyi dan model majalah dewasa yang kemarin berusia 24 tahun itu mengatakan, setelah acara ulang tahunnya di sebuah vila di Denpasar dan setelah semua undangan pulang, petugas Imigrasi Klas I Denpasar mendatangi Barbie dan mempertanyakan dokumen keimigrasian Maria.

Setelah menanyakannya, petugas tersebut meminjamnya guna melihat paspor Maria, tapi petugas Imigrasi tersebut langsung membawanya begitu saja tanpa mengatakan apa-apa.

Baca: Video Nikita Mirzani Kencan Berempat dengan Miyabi, Ini yang Mereka Lakukan di Manila

Kepala Kantor Imigrasi Klas I TPI Denpasar Wisnu Widayat menyebutkan, pihaknya memang meminta keterangan dari Maria Ozawa karena Imigrasi mendapat laporan dan ada pemberitaannya media bahwa akan ada party dengan Maria.

"Kita bukan mengamankan, tapi hanya meminta keterangan mengingat dia warga negara asing. Pada saat kegiatan pengawasan keimigrasian kita mendapatkan laporan. Itu kita tindaklanjuti," katanya kepada Tribun Bali.

Wisnu mengatakan, petugasnya di lapangan sudah melakukan tugas sesuai standar operasional prosedur (SOP) Imigrasi.

"Kalau disebut petugas kami mengambil paspor Maria tanpa sepengetahuan yang bersangkutan, itu tidak mungkin," jelasnya.

Terkait petugas yang meminta berfoto bersama Maria dan meminta nomor teleponnya, menurut Wisnu, petugasnya meminta berfoto setelah selesai memeriksa Maria.(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul "Konjen Jepang Datangi Imigrasi Bali Terkait Pemeriksaan Maria Ozawa aka Miyabi, Ini Komentar Mereka".

TONTON JUGA:

Editor: Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved