Wisata Riam Kinarum Tawarkan Pemandangan Alam, Menarik untuk Berkemah dan Main Kano

Sabtu, 13 Oktober 2018 16:08 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM - Kondisi geografis wilayah utara Tabalong berupa pengunungan menjadikan daerah ini banyak memiliki potensi wisata alam yang menarik.

Salah satunya Obyek Wisata Riam Kinarum di Desa Kinarum, kecamatan Upau, Tabalong, yang menyajikan jeram dengan air jernih dan bebatuan.

Selain itu di sekitaran lokasi juga ada sebuah bendungan yang tak kalah menarik untuk dilihat.

Karena bendungan berada di tengah-tengah pemandangan yang masih asri dengan banyaknya pepohonan.

Di sungai bendungan ini juga disediakan perahu karet serta kano bagi pengunjung yang ingin mengarungi sungai di bendungan.

Bukan hanya menawarkan pemandangan alam dan fasilitas wisata lainnya, di area ini juga kerap menjadi wadah pertunjukan seni budaya.

Seni budaya yang dipertunjukkan merupakan kesenian dari Dayak Deah yang memang berada di kecamatan Upau.

Ketua KTH Watu Marung yang turut mengelola Wisata Riam Kinarum, Suparin, Sabtu (6/10/2018), mengatakan, saat ini pembenahan terus dilakukan untuk bisa menarik minat pengunjung.

"Sejak Mei tadi beberapa fasilitas ditambah dan lokasi dibenahi," katanya.

Dengan apa yang dilakukan memang mulai memperlihatkan hasil karena jumlah pengunjung terus mengalami peningkatan.

Ini karena selain menawarkan pemandangan aliran sungai di antara bebatuan besar, saat ini beberapa fasilitas juga sudah ditambah.

"Kita juga ada menyewakan Kano dan perahu karet. Dalam waktu dekat juga disiapkan tenda dan perlengkapan lainnya," katanya.

Tenda mulai disiapkan karena sekarang lokasi wisata ini, terutama di dekat area bendungan sudah mulai beberapa kali digunakan untuk berkemah.

Untuk mereka yang berkemah, pengelola juga menawarkan adanya pertunjukan seni budaya dari sanggar-sangar warga Dayak Deah.

Sehingga selain bisa menikmati keindahan alam, pengunjung yang datang bisa juga mengenal budaya dari Dayak Deah.

"Rencana bulan depan ada yang mau berkemah di lokasi ini, sekitar 150 orang dan kerjasama dengan kita untuk minta disiapkan pertunjukan seni budaya," katanya.

Dengan pembenahan yang terus dilakukan ini pihaknya berharap tingkat kunjungan ke Riam Kinarum bisa terus meningkat dari yang sudah ada.(banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Editor: Novri Eka Putra
Sumber: Banjarmasin Post
Tags
   #Tabalong   #Riam Kinarum   #Kano
KOMENTAR

Video TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help