Travel

Taman Herbal Bejo Kelurahan Ngijo Manfaatkan Tanah Bengkok

Sabtu, 13 Oktober 2018 14:10 WIB
Tribun Jateng

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Eka Yulianti Fajlin

TRIBUN-VIDEO.COM, SEMARANG - Taman Herbal Bejo yang berada di Kelurahan Ngijo kecamatan Gunungpati memanfaatkan tanah bengkok untuk lahannya. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua PKK Kelurahan Ngijo, Umi Habibah, Selasa (9/10).

"Luas taman ini 500 meter persegi. Kami tanami 180 tanaman mulai dari rempah-rempah, herbal, sayuran, hingga buah-buahan," ucap Umi, ketika tim juri mengunjungi Taman Herbal Bejo di kelurahan Ngijo.

Beragam tanaman tersebut, kata Umi, bisa dijadikan obat sehingga masyarakat yang sakit tidak perlu membeli obat-obatan.

"Seperti Turi merah biasanya kan buat pecel, ternyata juga bisa buat obat. Bawang merah juga bisa buat obat. Kami menanam tanaman yang bisa banyak manfaatnya," imbuhnya.

Umi mengatakan, taman tersebut tidak hanya sebagai tempat menanam saja tetapi juga digunakan untuk wisata pertanian.

Baca: Lantaran Air Masuk ke Masjid, Kepala Dinas Kena Marah, Edy Rahmayadi: Wajar Enggak Anda Saya Tegur?

"Karena lahan yang cukup luas, taman ini juga dimanfaatkan untuk wisata pertanian bagi anak-anak. Mereka berkunjung kesini dan belajar berbagai tanaman toga," jelasnya.

Kelurahan Ngijo adalah satu di antara 12 taman yang telah lolos menjadi finalis se Kota Semarang, untuk lomba Taman Herbal Bejo 2018 yang digelar oleh PT Bintang Toedjoe bekerjasama dengan Tribun Jateng serta PKK Provinsi Jateng serta Kota Semarang.

Staf CSR PT Bintang Toedjoe, Herawati Anwar, mengatakan secara estetika taman herbal Ngijo bagus lantaran banyak variasi tanaman.

"Mereka bikin beberapa experiment, mereka sangat variatif, ada yang ditanam di ember dan di tanah. Sayangnya, mereka hanya memusatkan di taman itu aja," ucap Hera.

Hera berharap tanaman tersebut tidak hanya ditanam di taman, tapi dapat dikembangkan di rumah-rumah warga. (*)

TONTON JUGA:

Editor: Radifan Setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Tags
   #Agroeduwisata   #Semarang
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved