Terkini Daerah

Polisi Periksa Raju, Diduga Penyebab Kebakaran 35 Rumah di Jalan Mangkubumi Medan

Jumat, 12 Oktober 2018 12:57 WIB
Tribun Medan
Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-VIDEO.COM, MEDAN - Sebanyak 35 rumah di Jalan Mangkubumi Lingkungan IX, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun mengalami kebakaran pada Rabu (10/10/2018) malam.

Hingga saat ini pihak kepolisian dari Polsek Medan Kota masih mendalami kasus kebakaran, yang diduga dilakukan secara sengaja oleh seorang warga.

Kanit Reskrim Polsek Medan Kota Iptu Deny Indrawan Lubis mengatakan, pihaknya sudah menangkap terduga pelaku bernama Raju (30).

"Info dari warga, Raju alami stres. Namun untuk kasus ini kita masih mendalami bahwa tidak ujuk-ujuk kita menentukan seseorang itu dapat dipidana," kata Deny di Polsek Medan Kota, Kamis (11/11/2018).

"Berdasarkan keterangan Raju, saat kejadian dia sedang menghidupkan lilin dalam kondisi rumah mati lampu. Jadi di bawah lilin ada spanduk dan tilam. Lalu dia pergi mandi dan saat selesai mandi sudah kebakaran," sambungnya.

Baca: Tewas Terbakar, Jenazah Pasutri dan Bayinya Berpelukan di Kamar

Masih kata Deny, pihaknya akan memeriksa kejiwaan Raju.

Sulitnya, tidak ada saksi mata yang melihat penyebab kebakaran.

"Untuk kedepan kita akan lakukan pemeriksaan ke psikiater dan cek urine. Benar atau tidak dia alami sakit jiwa dan ia sempat mengaku nyabu dua minggu sebelum kejadian. Kesulitan yang dialami, untuk saksi-saksi yang melihat tidak ada. Sebab rumah Raju dalam kondisi mati lampu," ujar Deny.

Lebih lanjut, Deny mengungkap api berasal dari rumah Raju dan ia sempat ikut membantu memadamkan api. Diduga karena api berasal dari rumahnya, makanya warga mencurigai Raju diduga sebagai pelaku pembakaran.

"Kita tidak bisa menetapkan dia pelaku pembakaran," sebutnya.

Saat ini, Polsek Medan Kota sudah melakukan pemeriksaan saksi-saksi para tetangga yang diduga pelaku.

Baca: SPBU Warung Jambu di Bogor Terbakar, 2 Motor Ikut Hangus

Namun belum ada yang bisa memberikan keterangan pasti bahwa Raju adalah pelaku pembakaran karena keterangan dari warga Raju stres dan diduga membakar diri.

"Kita belum bisa pastikan apakah Raju alami gangguan jiwa karena kasus ini masih didalami untuk pemeriksaan ke psikiater," ungkap Deny.

Deny memastikan status Raju saat ini masih diamankan karena banyak warga yang sudah geram melihat dirinya.

Raju sendiri diamankan sekitar pukul 04.00 WIB dini hari.

Sementara itu, saat diinterogasi Raju mengatakan bahwa ia tidak melakukan pembakaran rumah.

"Bukan ada unsur sengaja. Saya lagi benerkan listrik soalnya listrik rumah saya mati. Tapi bukan semua listrik di situ mati, hanya listrik rumah saya saja yang mati," kata Raju.

Baca: Anaknya Bakar Kasur di Depan Rumah, Pria di Situbondo Tewas di Kobaran Api

"Kondisi rumah saya papan, saat itu saya letakkan lilin pendek. Saya bakar terus saya turun ke bawah dan pas saya naik lagi sudah terbakar saja. Saya kaget dan saya keluar teriak kebakaran-kebakaran, orang itu pikir saya bakar diri," sambungnya.

Masih kata Raju, karena ia teriak kebakaran warga mengira ia sengaja membakar karena lilin yang dihidupkan hanya beralaskan papan triplek dan disebelahnya spanduk dan tilam.

"Saya waktu itu mandi dibawah dan lilin diatas. Tahu-tahu pas naik keatas sudah kebakar saja. Karena yang mati listrik waktu itu cuma rumah saya saja," ungkap Raju.

Sampai saat ini, kebakaran yang terjadi di Jalan Mangkubumi Lingkungan IX masih menjadi misteri. Pihak kepolisian masih mendalami dan terus mengumpulkan bukti-bukti dilapangan, untuk mengungkap apa yang jadi penyebab pasti kebakaran terjadi.(cr9/tribun-medan.com)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul "Pria yang Diduga Penyebab Terbakarnya 35 Rumah di Mangkubumi Jalani Pemeriksaan Psikiater".

TONTON JUGA:

Editor: Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Sumber: Tribun Medan
Tags
   #kebakaran 35 rumah   #kebakaran   #Medan
KOMENTAR

Video TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help