Terkini Daerah

Peresmian Penggunaan Busana Adat dan Bahasa Bali di Denpasar

Kamis, 11 Oktober 2018 13:03 WIB
Tribun Bali

TRIBUN-VIDEO.COM - Bertempat di Pura Jagatnatha Denpasar, Kamis (11/10/2018), dilaksanakan peresmian penggunaan busana adat Bali dan Bahasa Bali Kota Denpasar.

Peresmian ini dilakukan oleh Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara dengan pemasangan udeng kepada perwakilan OPD.

Dalam peresmian ini juga ditampilkan Tari Rejang Dedari.

Selanjutnya, dirangkaikan dengan persembahyangan bersama.

Wali Kota Denpasar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan, busana adat Bali tak bisa dipisahkan dengan kehidupan masyarakat, adat dan budaya Bali.

"Busana adat Bali adalah ciri khas orang Bali," katanya.

Begitupun bahasa Bali.

Baca: Harga Premium Naik Hanya 44 Menit, Pemerintah Akui Kurang Koordinasi

"Bahasa Bali juga memiliki fungsi untuk melestarikan budaya Bali yang digunakan sebagai sarana komunikasi untuk membangun peradaban," kata Jaya Negara.

Ia menambahkan, perkembangan zaman membuat penggunaan busana dan bahada Bali semakin ditinggalkan, sehingga dengan adanya Pergub ini akan semakin menjaga eksistensi busana dan bahasa Bali itu sendiri.

"Kami merasa bahagia menyambut hal ini. Walaupun sejak tahun 2016 Denpasar telah melaksanakan hari berbahasa Bali saat hari Rabu, Purnama, Tilem dan dengan adanya Pergub ini hari berbahasa Bali di Denpasar bertambah," katanya.

Ia juga berharap pada pegiat bahasa Bali agar terus berinovasi sehingga bahasa Bali ini semakin ajeg dan memasyarakat. (*)

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Sumber: Tribun Bali
Tags
   #Denpasar   #Bali
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved