Terkini Daerah

SLB Negeri Kendal Gelar Simulasi Kebakaran

Kamis, 11 Oktober 2018 11:28 WIB
Tribun Jateng

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUN-VIDEO.COM, KENDAL - Semula situasi belajar mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kendal, Weleri pada Rabu (10/10) siang berjalan lancar seperti biasa. Para murid melaksanakan belajar mengajar seperti biasanya.

Namun suasana menjadi mencekam mana kala seorang guru sekolah itu yakni Arum berteriak kebakaran memecah keheningan proses belajar mengajar sekolah itu.

Teriakannya bukanlah tanpa sebab. Nampak api yang besar dengan asap membubung tinggi tengah membakar semak belukar di halaman belakang sekolah itu. Api itu begitu dekat sekali dengan bangunan kelas sehingga Arum memutuskan berteriak kebakaran.

"Kebakaran! Kebakaran! " ujarnya kala itu memecah fokus para murid yang tengah belajar.

Teriakan dari Arum disusul dengan suara sirene yang dibunyikan oleh pihak sekolah. Suasana sekolah itu tambah mencekam manakala asap sudah memasuki kelas para siswa.

Agar tidak menimbulkan korban karena kepanikan, para guru sekolah itu langsung mempersiapkan para siswanya untuk keluar dari kelas mereka. Nampak para siswa dari sekolah itu keluar satu pesatu dengan menutup hidung mereka dengan kain agar tidak menghirup asap dan langsung menuju lokasi aman.

Baca: Kesaksian Pemilik Rumah Rakit yang Selamat dari Kebakaran Ledakan Tabung Gas

Tak berselang kemudian, pemadam kebakaran serta mobil ambulan memasuki sekolah itu. Dengan sergap pemadam kebakaran menuju sumber api yang membuat panik para warga sekolah itu.

Sebagian petugas pemadam melakukan pemadaman api itu sedangkan petugas lain mencoba mengevakuasi para korban yang masih terjebak di dalam ruang kelas. Tak hanya petugas, para guru sekolah itu pun juga memastikan para siswanya tidak ada yang tertinggal didalam kelas.

Berikut merupakan simulasi kesiapsiagaan terhadap bencana kebakaran yang diadakan oleh pihak sekolah tersebut. Sebanyak 231 siswa Sekolah itu dilibatkan dalam simulasi itu.

Murgiyanto, Kepala SLB Negeri Kendal menjelaskan kegiatan itu dilakukan guna mempersiapkan para warga sekolah mulai dari Guru, Siswa bahkan warga di lingkungan dekat sekolah untuk dapat menentukan sikap jika menghadapi situasi kebakaran.

"Beberapa waktu yang lalu, semak belukar dibelakang sekolah kami mengalami kebakaran. Atas dasar itu kami melakukan simulasi itu," jelasnya

Hal itu menurutnya akan membekali para guru dan siswanya saat menghadapi kebakaran. Tak hanya menghadapai kebakaran disekolah, bahkan saat menghadapi kebakaran di luar lingkungan sekolah.

Sementara Bupati Kendal Mirna Annisa yang saat itu juga menyaksikan simulasi kebakaran itu mengatakan kegiatan simulasi ini sangat perlu diadakan oleh tiap sekolah.

"Hal ini sangat bagus, karena ini sangat bermanfaat. Mereka diajarkan untuk tidak panik dan tetap tenang, mengetahui jalur evakuasi dan titik kumpul yang aman," pungkas Mirna.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul SLB Negeri Kendal Gelar Simulasi Kebakaran

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help