Gempa Bumi

Beredar Foto Hoaks, Sutopo: Gempa 5,2 SR di Palu dan 4,8 SR di Bulukumba Tak Menimbulkan Dampak

Selasa, 9 Oktober 2018 11:49 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat untuk mewaspadai beredarnya berita bohong atau hoaks terkait peristiwa gempa bumi yang terjadi di Indonesia.

Imbauan ini disampaikan Sutopo terkait beredarnya banyak video dan foto dampak gempa 7,4 SR di Donggala yang digunakan untuk kabar gempa magnitudo 5,2 di Palu dan magnitudo 4,8 di Bulukumba, sehingga meresahkan masyarakat.

Sebelumnya, terjadi gempa dengan kekuatan M 5,2 di Palu pada Selasa (9/10/2018) pukul 04.15 WIB dan gempa dengan kekuatan M 4,8 di Bulukumba, Sulsel pada Minggu (7/10/2018 pukul 15.40 WIB.

Kedua gempa tersebut tidak menimbulkan dampak merusak maupun korban jiwa.

Namun oknum menyebarkan video dan foto-foto di medsos dan mengatakan gempa tersebut menyebabkan jalan terbelah, rumah hancur, dan kepanikan luar biasa.

Baca: Semangat Sutopo Menyampaikan Informasi Bencana di kala Melawan Kanker Stadium 4 Disoroti Media Asing

"Video dan foto tersebut tidak benar. Video dan foto tersebut adalah dokumentasi dampak gempa M 7,4 di Donggala yang terjadi pada Jumat (28/9/2018) sore," kata Sutopo dalam rilisnya kepada Tribunnews, Selasa (9/10/2018).

"Jadi masyarakat dihimbau tetap tenang. Jika gempanya kecil pasti tidak menimbulkan dampak," ujar dia.

Menurut Sutopo, hampir setiap hari terjadi gempa di Indonesia. Rata-rata 5.000 hingga 6.000 kali kejadian gempa dalam setahun di Indonesia.

"Jadi jangan terlalu takut dan berpikir negatif saat mendengar adanya informasi ada gempa. BNPB dan BMKG pasti menyampaikan kepada masyarakat," ujar Sutopo.(Tribunnews.com/Dewi Agustina)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Sutopo: Gempa 5,2 SR di Palu dan 4,8 SR di Bulukumba Tak Menimbulkan Dampak, Foto yang Beredar Hoaks".

TONTON JUGA:

Editor: Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Reporter: Dewi Agustina
Video Production: Firdausi Rohmah Rizki Ananda
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help