Terkini Metropolitan

Mekanisme Tilang Elektronik, Surat Denda Dikirim via Pos

Jumat, 5 Oktober 2018 09:57 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Usai uji coba tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/E-TLE), pengendara yang melanggar aturan lalu lintas di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, akan mendapatkan surat dari Polda Metro Jaya.

Surat tilang tersebut dikirim melalui Pos kepada alamat yang sesuai dengan pemilik kendaraan tersebut. Bahkan, untuk memperlancar rencana itu, Polda Metro Jaya akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Pos Indonesia.

"Secara lisan sudah selesai, tetapi nanti kita bikin perjanjian juga dengan PT Pos Indonesia. Pengiriman surat tilang juga bisa dilakukan oleh anggota kami ke rumah pelanggar," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, Kamis (4/10/2018).

Yusuf menjelaskan, apabila kendaraan tersebut sudah pindah tangan, maka surat tilangnya sementara akan dikirimkan ke Ditlantas, untuk dicari alamat baru dari pemilik mobil atau sepeda motor itu.

Baca: Pemprov DKI Akui Beri Ratna Sarumpaet Rekomendasi Pergi ke Chili, Kadin Disparbud Ungkap Alasannya

"Jadi apabila memperbarui informasi, kendaraan yang sudah dipindahtangankan wajib mencantumkan nomor handphone sama emailnya. Jadi kami bisa konfirmasi langsung ke yang bersangkutan," ucap Yusuf.

Hari pertama uji coba saja, kata Yusuf sudah terekam ratusan pengendara yang melanggar aturan.

Namun, belum bisa ditindak karena dimulai bulan depan dan seterusnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mekanisme Tilang Elektronik, Surat Denda Dikirim Via Pos", 

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Firdausi Rohmah Rizki Ananda
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

Video TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help