Terkini Daerah

Kronologi Gubernur Sumut Usir Pendemo saat Sela Omongannya, Edy Rahmayadi: Ibu Berdiri, Pulang!

Jumat, 14 September 2018 07:43 WIB
Tribun Medan

TRIBUN-VIDEO.COM - Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menemui ribuan nelayan yang unjuk rasa di Kantor Gubernur Sumut di Jalan Diponegoro, Kamis (13/9/2018).

Para nelayan menuntut agar Pemerintah provinsi Sumut dapat mgeluarkan izin melaut lantaran kapal bermuatan 5 GT (gross tonnage) atau tonase kotor kerap ditangkap sehingga banyak nelayan tidak bisa mencari nafkah untuk keluarga.

Dilansir Tribun Video dari Tribun Medan, awalnya seorang lelaki pendemo berorasi dan menyebut bahwa para nelayan sidah 15 hari tidak melaut.

Ia juga mengatakan bahwa 3 hari lalu temannya diberondong seperti teroris dan ada 3 korban berserakan di tengah laut.

Mereka mengatakan bahwa saat ini mereka terpenjara dengan Peraturan Menteri yang tidak berperikemanusiaan dan memperlakukan para nelayan seperti penjahat.

"Makanya kami para nelayan turun ke jalan. Karena saat ini, ada nelayan yang ditembak dan dibakar. Tolonglah kami hanya nelayan kecil. Ada 17 orang saudara kami masih ditahan di Polair Polda Sumut, dengan tuduhan pencuri dan perampok," ujar lelaki pendemo tersebut.

Baca: Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah Jalani Ritual Tepung Tawar di Aula Rumah Dinas Gubernur

Kemudian Edy menemui para nelayan kemudian menyampaikan niat akan membawa Sumatra Utara Bermartabat.

"Saya tidak mau rakyat ini dibodoh-bodohi. Saya tidak mau rakyat ini miskin, mengerti. Nanti saya atur. Saya baru lima hari jadi gubernur udah kau demo. Apa urusan kalian. Orang aku tidak tahu apa itu nelayan ini," ujar Edy.

Edy kemudian menyampaikan supaya dia didengarkan saat bicara, dan menyuruh para warga baiknya salat zuhur daripada melakukan unjuk rasa.

Edy yang tak suka disela saat bicara kemudian menyuruh keluar seorang ibu-ibu lantaran terus mengomel dan menunjukkan sebuat poster kertas berwarna kuning.

Edy Rahmayadi pun langsung menyuruh ibu tersebut keluar. "Ibu berdiri, pulang," ujarnya.

"Udah ngomong aja oma-oma ini. Ngomel aja. Oma-oma ini, capek juga kita diajak ngomong," ujar Edy sembari mengambil corong pelantang suara dari ibu itu.

Satpol PP yang berjaga pun menyuruh dan mengarahkan sang ibu keluar dari lokasi berdemo.

Kemudian Edy kembali berbicara, tiba-tiba seorang ibu nyeletuk.

"Kami tidak mau ini ini berlarut-larut," celetuk sang ibu seraya menunjukkan poster berwarna kuning.

Edy kemudian langsung bereaksi atas ucapan sang ibu.

"Ibu berdiri, keluar jalan. Ibu berdiri keluar jalan. Ibu berdiri keluar jalan. Saya tak senang kalau saya ngomong, orang ngomong. Ayo, ini yang pegang kertas-kertas kuning semua yang ngomong ini," perintahnya.

BACA ARTIKEL SELENGKAPNYA DI SINI 

TONTON JUGA:

Editor: Fatikha Rizky Asteria N
Reporter: Yulita Futty Hapsari
Video Production: Ramadhan Aji Prakoso
Sumber: Tribun Medan
Tags
   #Edy Rahmayadi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help