Terkini Daerah

Ratusan Ribu Benih Ikan Air Tawar Ditebar di Perairan Sungai Kramat Batang

Kamis, 13 September 2018 18:36 WIB
Tribun Jateng

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUN-VIDEO.COM, BATANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, bekerja sama dengan Dinas Kelautan Perikanan Prov Jateng, menebar 825 ribu benih ikan tawar di perairan Sungai Kramat tepatnya di Bendungan Kedungdowo, Desa Pasekaran, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (13/9/2018).

Penebaran ratusan ribu benih ikan tawar berasal dari bantuan Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Jateng untuk potensi budidaya ikan di Kabupaten Batang.

"Penebaran benih ikan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan hidup, tentu kami dari pemerintah sangat mendukung dan berterimakasih atas bantuan benih ikan di Kabupaten Batang," tutur Bupati Batang, Wihaji.

Wihaji mengatakan penebaran benih ikan tawar di Kabupaten Batang dari DKP Prov Jateng diberikan sebanyak 1,7 juta benih ikan.

Baca: Puluhan Ribu Benih Ikan Dilepasliarkan di Sungai Kemuning

"Kalau total semua yang diberikan sebanyak 1,7 juta benih, saat ini di perairan sungai keramat yang ditebar 825 ribu, dan nantinya kita akan tindak lanjuti penebarannya di setiap perairan umum yang tersebat di setiap kecamatan di Kabupaten Batang," jelasnya.

Penebaran benih ikan tersebut harapannya dalam empat sampai enam bulan ke depan masyarakat dapat mengambil panen ikan, namun ia menghimbau masyarakat tidak boleh menggunakan cara setrum atau pun dengan cara yang dapat merusak lingkungan.

"Benih-benih ikan tawar ini harapannya empat sampai enam bulan ke depan bisa dipanen, tapi saya menghimbau untuk masyarakat yang ingin mengambil ikan tidak boleh dengan cara setrum, dan dengan cara yang bisa merusak lingkungan," ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan dan Budidaya Arif Rahman Hakim mengatakan tidak hanya di Kabupaten Batang namun bantuan benih ikan juga diberikan ke daerah Kabupaten lainnya.

Baca: Menteri Keuangan dan Kelautan Berhasil Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Sebanyak 71.982 Ekor

"Kami dari Provinsi Jateng mengalokasikan bantuan benih ikan 50 juta yang diberikan hampir seluruh Kabupaten di Jawa Tengah satu di antaranya di Kabupaten Batang ini yang mendapatkan 1,7 juta benih, ini bagian dari menjaga lingkungan perairan sungai, serta meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat," ujarnya.

Dikatakan Arif, setelah penebaran ikan ia berharap masyarakat dapat berpartisipasi menjaga lingkungan dan ekosistem sungai.

"Setelah ditebar harapannya masyarakat bisa berpartisipasi menangkap dan mencemari lingkungan, agar ekosistem suang tetap bisa terkendali," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul "Ratusan Ribu Benih Ikan Air Tawar Ditebar di Perairan Sungai Kramat Batang".

TONTON JUGA:

Editor: Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Sumber: Tribun Jateng
Tags
   #benih ikan   #Bupati Batang   #Wihaji
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help