Terkini Daerah

Warga Bekasi Antusias Rencana Ridwan Kamil Sulap Kalimalang Layaknya Sungai di Seoul

Rabu, 12 September 2018 23:01 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUN-VIDEO.COM, BEKASI TIMUR - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana melakukan revitalisasi Kalimalang yang berada di Kota Bekasi menjadi seperti Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Ahmad Imam, warga Bekasi Utara yang kerap menongkrong di sekitar Kalimalang, tepatnya samping kampus Unisma mengaku cukup antusias dengan rencana revitalisasi tersebut.

"Saya belum tahu kalau ada rencana itu (revitalisasi), tapi kalau emang benar bakal ada revitalisasi bagus, apalagi kalo jadi tempat wisata saya juga dukung, kebetulan saya juga sering nongkrong disini abis dari kampus," kata Imam, Rabu (12/9/2018).

Sementara itu, Dede Kurniawan (22), warga Kranji yang juga kerap menikmati senja di pinggir Kalimalang mengaku sudah mendengar informasi bakal adanya revitalisasi Kalimalang oleh Ridwan Kamil.

Dia mendengar informasi itu melalui unggahan di akun Instagram Ridwan Kamil, @ridwankamil, pada Rabu (12/9/2018).

Dalam unggahan tersebut, Ridwan Kamil memasang foto sejumlah titik lokasi yang bakal menjadi area revitalisasi serta disandingkan dengan Sungai Cheonggyecheon.

Unggahan itupun mendapatkan banyak tanggapan dari wargnet sebanyak 16.610 komentar dan 334.792 suka.

"Apa yang Ridwan Kamil wacanakan mungkin sangat baik ya, merevitalisasi Kalimalang menjadi sungai seperti di Korea jadi bagus, tapi saya mohon juga kalau udah dibangun jangan dirusak, kita jaga sama-sama fasilitas yang diberikan pemerintah," kata Dede.

Baca: Inilah Wujud Taman Lapangan Banteng Pascarevitalisasi Jelang Asian Games 2018

Imam Malik, anggota Pokja Sinkronisasi Jawa Barat mengatakan, ada tiga titik utama di Kalimalang yang ia ajukan sebagai bahan pemetaan awal, diantaranya di dekat lampu merah tol timur, area dekat kampus Unisma, dan kawasan Kalimalang dekat hotel Horison.

Imam mengatakan, pembangunan akan dilakukan pada 2019.

"Saya tawarkan tiga titik, dua atau tiga hari ini akan ada pengecekan langsung dari Bandung untuk observasi saya akan kawal, baru nanti akan ditetapkan mana yang akan dibangun," jelas dia.

Menurutnya, revitalisasi tersebut akan mengarah pada pembangunan wisata air, dimana Kalimalang akan coba dimanfaatkan Ridwan Kamil menjadi spot menarik dan ikon baru di Kota Bekasi.

"Kemungkinan salah satu prioritasnya ingin setiap kota ada destinasi, mungkin Kota Bekasi dipilihnya itu (Kalimalang), nanti bakal disulap seperti sungai di Seoul, ada destinasi wisata seperti kuliner, dan taman," jelas dia.

Simak videonya di atas. (*)

TONTON JUGA:

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Riesa Sativa Ilma
Sumber: TribunJakarta
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved