Wajib Coba, Resep Pallubasa Khas Makassar yang Enak Banget Ini!

Kamis, 6 September 2018 19:06 WIB
Sajian Sedap

TRIBUN-VIDEO.COM, MAKASSAR - Ada Masa Ada Cerita, begitupun dengan makanan tradisional khas Makassar. Salah satunya adalah Pallubasa.

Konon awal mula makanan berkuah yang dicampur kelapa parut goreng ini hanya diperuntukkan untuk kelas pekerja seperti kuli bangunan, tukang becak, dan kelas pekerja lainnya.

Mengapa demikian, karena pada masa itu Pallubasa merupakan makanan termurah yang hanya dapat dijangkau para kelas pekerja

Jeroan untuk Pallubasa direbus dalam waktu yang lama. Setelah matang, jeroan dan daging diiris dan dihidangkan dalam mangkuk.

Perbedaan lainnya pada kuah Pallubasa ditambahkan kelapa parut yang telah disangrai sehingga kuahnya menjadi kental dan gurih, aromanya pun karena santan lebih kental dan serbuk kelapa yang menyatu dengan kuah.

Baca: Resep Mudah Membuat Ayam Pelalah Khas Bali

Tambahan lain yang membuat Pallubasa lebih spesial adalah dengan ditambahkan-nya telur ayam yang dimasak setengah matang.

Awalnya Pallubasa disantap berpasangan dengan burasa (panganan khas masyarakat Makassar )yang berukuran cukup besar, kira-kira berukuran 3-4 kali lipat dengan ukuran burasa sekarang.

Namun saat ini, Pallubasa akan terasa pas jika disajikan dengan nasi putih yang masih panas.

Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Simak dalam video di atas. (*)

TONTON JUGA:

Editor: Radifan Setiawan
Sumber: Sajian Sedap
Tags
   #pallubasa   #Makassar   #resep masakan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help