Gayeng Germas Bedah Pentingnya Imunisasi untuk Masa Depan Indonesia Sehat

Sabtu, 11 Agustus 2018 11:43 WIB
Tribun Jateng

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu

TRIBUN-VIDEO.COM, SEMARANG - Reality Show Gayeng Germas minggu ini mengangkat tema imunisasi.

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (Bias) jatuh pada bulan Agustus 2018 lah yang menjadi pokok bahasan mengenai pentingnya imunisasi untuk Indonesia sehat.

Dipandu oleh Pakdhe yang tak lain adalah Kadinkes Provinsi Jateng, dr. Yulianto Prabowo, M.Kes dan bagian promosi kesehatan Dinkes Jawa Tengah, Setyo Handoko, SKM, M.Kes reality show berjalan meriah.

Ada dua narasumber tamu yang ahli di bidangnya.

"Imunisasi ini merupakan kekebalan, terutama kepada anak-anak. Dengan cara memvaksin anak tersebut supaya mencegah terjadinya terkena penyakit menular," tutur dokter spesialis anak RSUP Kariadi dr. Hapsari, Sp. A(K), MMDEAH, Jumat (10/8/2018).

Hapsari pada Gayeng Germas edisi imunisasi sebagai narasumber tamu, selain itu ada dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP Dr. dr. Bagus Widjnarko, MPH

Dalam kesempatan tersebut Kasi Surveillance dan Imunisasi Dinkes Provinis Jateng, Subur Hadi Marhaento, SKM, M.Kes, juga mengemukakan ada tiga jenis imunisasi di Indonesia dan itu gratis.

Baca: Bersedia Dipotong Tangannya, Begini Pengakuan Pelaku Pelecehan Seksual Begal Grepe usai Tertangkap

"Ada tiga jenis imunisasi di Indonesia, yakni imunisasi rutin, tambahan dan khusus. Di Indonesia untuk imunisasi tambahan dan rutin ini gratis, imunisasi khusus untuk meningitis bagi jemaah haji juga gratis," tuturnya.

Acara ini berjalan dengan lancar.

Tamu undangan kali ini selain siswa-siswi SD Al- Azam Semarang, hadir juga Kepala Dinas Kesehatan dari beberapa Provinsi di Indonesia.

Ada Kadinkes Provinsi dari Bangka Belitung, Aceh, KalBar, Jambi, Papua Barat, dan Bengkulu.

Para Kadinkes tersebut mengisahkan perjalanan imunisasi di daerahnya masing-masing.

Hapsari pada kesempatan tersebut menambahkan ada efek reaksi tubuh setelah imunisasi yakni panas.

"Panas ini biasanya tidak lama. Jangan takut untuk melakukan imunisasi, karena dampaknya untuk jangka panjang agar sehat," jelasnya.

Inilah salah satu Gerakan Masyatakat Hidup Sehat (Germas) yang selalu pemerintah gaungkan melalui sosialisasi melalui media, baik media cetak, televisi, media online dan radio. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Gayeng Germas Bedah Pentingnya Imunisasi Untuk Masa Depan Indonesia Sehat

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Tribun Jateng
Tags
   #Semarang
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help