Pilpres 2019

Profil dan Karier Sandiaga Uno: Dari Bekerja di Perusahaan Namun Bangkrut hingga Jadi Politisi

Jumat, 10 Agustus 2018 13:20 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COM - Kabar Sandiaga Uno yang tiba-tiba menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto memang menggemparkan publik.

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dideklarasikan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung dalam Pilpres 2019.

Deklarasi dilakukan di depan kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8/2018) 23.30 WIB.

Dengan majunya Sandi sebagai calon wakil presiden, otomatis ia akan mundur sebagai Wakil Gubernur DKI setelah diputuskan mendampingi Prabowo dalam Pilpres 2019.

Nama Sandiaga Uno memang mencuat setelah pencalonan dan menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan.

Baca: Alasan Partai Demokrat Dukung Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019

Dilansir dari Wikipedia, berikut profil lengkap dan perjalanan karier Sandiaga Uno:

1. Memiliki nama lengkap disertai gelar: Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.

2. Lahir di Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969, merupakan bungsu dua bersaudara dari pasangan Razif Halik Uno (Henk) dan Rachmini Rachman (Mien).

3. Menempuh pendidikan di Wichita State University, Kansas, Amerika Serikat, mengambil jurusan Business Administration dan lulus dengan predikat summa cum laude.

4. Kemudian ia mendapat beasiswa dan melanjutkan pendidikan di Universitas George Washington, Amerika Serikat serta lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,00.

5. Tahun 1993 ia menjabat sebagai manajer investasi di Seapower Asia Investment Limited di Singapura, dan sekaligus di MP Holding Limited Group mulai tahun 1994.

6. Pada 1995 ia pindah ke NTI Resources Ltd di Kanada dan menjabat Executive Vice President NTI Resources Ltd. Namun, krisis moneter sejak akhir 1997 menyebabkan perusahaan tempatnya bekerja bangkrut.

7. Ia kemudian pulang ke Indonesia dan membangun sebuah perusahaan di bidang keuangan bersama temannya semasa SMA, lalu mendirikan PT Saratoga Advisor.

8. Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari Litbang Kompas, Sandiaga Uno pernah berkarier sebagai pemegang saham PT Adaro Indonesia, Presdir PT Alberta Communication, Presdir PT Mitra Telecommunication dan bergabung dengan beberapa perusahaan internasional di Singapura dan Kanada.

9. Pada 2005–2008, Sandi Uno menjadi ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), ia juga menjadi Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sejak 2004.

10. Pada 2009, Sandi masuk dalam peringkat ke 29 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan jumlah kekayaan mencapai 400 juta US Dollar.

11. Sandiaga terjun ke politik setelah memutuskan maju bersama Anies Baswedan pada Pilkada DKI 2017 dengan diusung oleh dua partai yakni Gerindra dan PKS.

12. Kini, Sandi digandeng Prabowo Subianto untuk mendampinginya sebagai cawapres untuk maju pada Pilpres 2019.

Simak videonya di atas!(Tribun-Video.com/ Yulita Futty Hapsari)

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Reporter: Yulita Futty Hapsari
Video Production: Alfin Wahyu Yulianto
Sumber: Tribun Video
Tags
   #Sandiaga Uno
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help