Pilpres 2019

PDIP Bali Sambut Duet Jokowi-Ma'ruf, Kadek Diana: Kami Siap Mengamankan Keputusan DPP

Jumat, 10 Agustus 2018 11:54 WIB
Tribun Bali

TRIBUN-VIDEO.COM - Keputusan Joko Widodo (Jokowi) untuk memilih Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam Pilpres 2019 mendapat sambutan dari pengurus PDIP di daerah.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Bali, Kadek Diana, menyambut baik keputusan tersebut.

Ia mengatakan, dipilihnya Ma`ruf Amin merupakan keputusan bijak Jokowi dan sejumlah parpol koalisi pendukungnya. Apalagi, menurutnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin adalah sosok gabungan nasionalis-religius.

"Keputusan Pak Jokowi mengambil Pak Ma'ruf Amin, itu salah satunya kan juga masukan dari para ketua umum partai yang tergabung dalam koalisi, termasuk PDIP. Bagi kami di PDIP, itu satu komando," kata Kadek Diana saat dihubungi Tribun Bali, Kamis (8/8) malam.

Kadek Diana menambahkan, sebagai kader di daerah, pihaknya akan mengamankan keputusan DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PDIP.

Bahkan, ia optimistis pihaknya kembali memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin di Bali. Seperti diketahui, pada Pilpres 2014, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla menang hampir 70 persen di Bali.

"Jadi seperti biasa, selaku kader partai siap mengamankan keputusan yang diambil oleh DPP partai," tegasnya.

Nama Ma`ruf Amin sebagai cawapres dalam Pilpres 2019 diungkapkan Jokowi dalam konferensi pers usai bertemu para ketua umum dan sekretaris jenderal (sekjen) partai politik pendukungnya di Plataran Resto, Menteng, Jakarta, Kamis (9/8) malam.

Baca: Demokrat Resmi Dukung Prabowo-Sandiaga Uno untuk Pilpres 2019

"Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi sebagai calon wakil presiden adalah Profesor Kiai Haji Ma'ruf Amin," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, keputusan ini telah ditandatangani oleh sembilan ketua umum dari partai politik pendukungnya. Sedangkan, pendaftaran capres-cawapres akan dilakukannya hari ini (10/8) di Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum).

Adapun tokoh parpol yang hadir dalam pertemuan di Plataran Resto antara lain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Selain itu, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono.

Menurut Jokowi, Ma'ruf memiliki pengalaman sebagai anggota DPRD, DPR, MPR, Watimpres, dan saat ini sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta menjadi dewan pengarah BPIP.

"Kami saling melengkapi, nasionalis, religius," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, keputusan memilih Ma’ruf diambil melalui perenungan dan dengan mempertimbangkan masukan dan saran berbagai elemen masyarakat, seperti para ulama, ketua umum partai, pengurus partai, dan relawannya.

Jokowi pun menjelaskan alasannya memilih Maruf sebagai pendampingnya di Pilpres 2019.

"Mungkin ada beberapa pertanyaan dari masyarakat luas di seluruh tanah air mengapa Kiai Maruf Amin yang dipilih. Profesor Doktor Kiai Haji Ma`ruf Amin lahir di Tangerang, 11 Maret 1943 adalah sosok agamawan bijaksana," katanya.

JK Jadi Timses

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebutkan, tim sukses (timses) Jokowi-Ma'ruf Amin akan dipimpin oleh politikus senior Golkar, Jusuf Kalla (JK).

"Jadi yang penting tadi bapak presiden juga memberikan arahan bahwa timsesnya adalah Pak Jusuf Kalla," ujar Airlangga di Plataran Resto, Jakarta.

Wakil Ketua DPD PDIP Bali, Kadek Diana, mengatakan, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin di masyarakat. Ia juga mengatakan langsung sosialisasi di media sosial (medsos) begitu pasangan tersebut diumumkan.

"Sudah, sudah ramai juga di medsos, sudah sekalian sosialisasi dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) juga. Kan bersamaan, ibarat menyelam sambil minum air," ucapnya.

Mengenai pembentukan tim kampanye daerah, ia mengaku pihaknya belum melakukannya. Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali ini mengatakan, DPD PDIP Bali masih menunggu arahan dan instruksi dari pusat.

"Belum, nanti itu. Kita tunggu arahan dan instruksi dari pusat, yang pasti akan seperti itu. Kan tim kampanye gabungan dari partai koalisi," tukasnya.

Secara terpisah, Ma'ruf Amin mengatakan dirinya tidak menyangka dirinya dipilih sebagai cawapres oleh Jokowi dalam Pilpres 2019.

Ma'ruf menilai, pemilihan dirinya adalah bentuk penghargaan Jokowi terhadap ulama.

"Saya anggap pemilihan saya bukan semata-mata karena saya, tapi ini penghargaan pada ulama. Pak Jokowi benar-benar memilih ulama," ujar Ma'ruf di Kantor PBNU Jakarta Pusat, Kamis (9/8) malam.

Selain itu, Ma'ruf menilai pemilihan dirinya adalah suatu penghargaan kepada organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Ma'ruf mengucapkan terima kasih kepada para ulama yang telah mendukungnya untuk menjadi cawapres. Ia juga berterima kasih kepada seluruh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Baca: Andi Arief: Demokrat Tak Berkoalisi Dengan Prabowo, Jenderal Kardus Belum Berubah

Ma'ruf menganggap dirinya tak akan dipilih apabila tidak menjabat sebagai rais aam PBNU. "Artinya, Pak Jokowi menghargai ulama, menghargai NU, ini luar biasa," kata Ma'ruf.

Ma`ruf mendatangi kantor PBNU sekitar pukul 20.40 Wita. Dia tampak mengenakan kemeja putih dilapisi jas abu-abu dan peci hitam dengan bawahan kain sarung ungu.

Ma`ruf disambut Ketua Umum PBNU Dr Said Aqil Siroj bersama anggota PBNU lain. Mereka langsung menggelar konferensi pers di lantai 4 kantor PBNU.

Sebelumnya, Maruf Amin telah menyatakan siap menjadi calon wapres mendampingi Jokowi dalam pilpres 2019 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Ma`ruf menanggapi isu yang makin menguat bahwa namanya masuk daftar kandidat cawapres Jokowi.

"Kalau untuk negara, saya siap. Kalau untuk pribadi, sejujurnya saya ini kiai saja sudah cukup. Tapi kalau negara dan bangsa memerlukan, saya bersedia," tuturnya lewat keterangannya pada  20 Juli 2018. (gil/tribunnews/kompas.com/tco)

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul PDIP Bali Sambut Duet Jokowi-Ma'ruf, Kadek Diana: Kami Siap Mengamankan Keputusan DPP

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Tribun Bali
Tags
   #Bali
KOMENTAR

Video TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help