Asian Games 2018

Jelang Asian Games 2018, Lima Bus Ceper Hadir di Bandara Soekarno-Hatta

Kamis, 9 Agustus 2018 23:09 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUN-VIDEO.COM, TANGERANG - Menjelang Asian Games, PT Angkasa Pura II (Persero) gandeng PT JAS Airport Services menghadirkan lima armada bus Apron Lowerdeck atau memiliki sasis frame yang rendah.

Muhammad Awaluddin selaku President Director PT Angkasa Pura II mengatakan, bus ceper ini yang pertama dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan mulai bisa mengangkut penumpang pada Kamis (9/8/2018).

"Ini adalah bus apron low deck pertama yang beroperasi di Indonesia, tepatnya di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Selaku pengelola bandar udara," kata Awaluddin di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (9/8/2018).

Ia melanjutkan, bus apron baru lower deck tersebut merupakan bagian upaya perbaikan layanan secara terus menerus oleh Angkasa Pura II bersama JAS Airport Services terkait pembenahan armada GSE (Ground Support Equipment).

Baca: Tanggapi Mahfud MD Tak Jadi Cawapres Jokowi, Dahnil Simanjuntak: Bukan Politisi Baperan dan Karbitan

Penambahan lima unit bus apron lower deck tersebut juga mematuhi peraturan Dirjen Perhubungan Udara Nomor: KP 635 tahun 2015 tentang standar peralatan penunjang pelayanan darat pesawat udara (GSE) dan kendaraan operasional yang beroperasi di sisi udara atau airside.

Dalam hal ini yang ia maksud adalah lower deck yang dari depan sampai belakang sasis rendah, dan kerangka bus menjadi kesatuan dengan bodi dan sasis yang dimodifikasi sama sekali.

Selain lower deck, bus apron kebanggaan bersama ini memiliki suspensi udara yang canggih dan memiliki kemampuan untuk miring sampai level tertentu untuk mempermudah penyandang disabilitas leluasa naik dan turun dari bus.

"Ini merupakan jenis bus apron yang juga dipakai di bandara-bandara internasional dan para pemain global seperti Terminal 4 Changi dan Swissport," tambah Awaluddin.

Dari data yang dilapangan, Bus tersebut berkapasitas 105 orang untuk proses perpindahan penumpang dari pesawat ke terminal atau sebaliknya

Baca: Dinikahi Bosnya yang 30 Tahun Lebih Tua, Wanita di Bone Diberi Panaik hingga Rp1 M, Fotonya Viral

"Bus ini terutama menjelang Asian Games bulan Agustus 2018 dan Asian Para Games Asia di Oktober 2018," tambah Awaluddin.

Sementara, Adji Gunawan selaku Direktur Utama JAS Airport Services mengatakan bahwa JAS memang berfokus pada layanan berkualitas guna meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang.

"Kita berada di bandara Internasional yang juga melayani berbagai maskapai internasional, sudah sepatutnya mengikuti standar internasional. Sudah 34 tahun ya kami bermitra dengan Angkasa Pura II, semoga fasilitas terbaru ini memberikan nilai tambah untuk Bandara terbesar di Indonesia ini dan juga maskapai pelanggan JAS," papar dia.

Bus apron ini, lanjut Adji, juga dilengkapi wewangian aromaterapi dan instrumen lagu daerah untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia.

Tak sampai disitu, kemeriahan Asian Games 2018 yang telah terjadi dalam terminal, juga menular pada bus apron yang turut di-branding Asian Games 2018. (*)

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Ramadhan Aji Prakoso
Sumber: TribunJakarta
KOMENTAR

Video TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help