Si Doel Merasa Afdol ke Belanda Pasca Susuri Canal Ring di Amsterdam, Ini Sensasinya

Senin, 23 Juli 2018 20:28 WIB
Tribunnews.com

Laporan Tribunnews.com dari Belanda, Willem Jonata

TRIBUN-VIDEO.COM - Belanda adalan negara di Eropa yang terletak di dataran rendah. Bahkan beberapa wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Satu di antaranya Amsterdam. Makanya kanal-kanal dibangun sejak raturan tahun silam, untuk mengatasi situasi tersebut dari ancaman banjir.

Kanal-kanal itu selanjutnya sampai sekarang difungsikan sebagai jalur transportasi utama di Amsterdam. Minggu (22/7/2018), tatkala berada di Central Amsterdam, rombongan pemain film Si Doel The Movie menikmati keliling kota menggunakan kapal menyusuri canal ring.

Kapasitas kapal bisa menampung lebih dari 50 orang. Biayanya 11 euro untuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak 7 euro.

Saat ini Belanda sedang musim panas. Suhu udara mencapai 28 sampai lebih dari 30 derajat celsius. Lalu lintas kanal sangat ramai. Banyak warga setempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman, menyusuri kanal menggunakan kapal atau perahu bermesin untuk ukuran moda transportasi yang lebih kecil. Ada juga perahu sepeda, di mana penumpangnya harus mengayuh untuk melaju di atas air.

Sebagian besar mereka mengenakan busana agak terbuka untuk menikmati hangatnya sengat matahari secara maksimal, yang hanya ada sekitar 30 hari saat musim panas selama rentang setahun.

Buat yang wanita biasanya pakai tanktop. Ada pula yang berbikini. Sementara lelakinya pakai kaus. Tapi tak sedikit yang bertelanjang dada.

Mereka menikmati berjemur di bawah terik matahari dalam suasana santai sambil minum jus dan bir dingin yang tersedia di perahunya. Omong-omong, di beberapa perahu tampak botol-botol vodka terlihat di atas meja.

Jangan heran jika di antara para penumpang perahu yang berpapasan dengan kapal yang ditumpangi rombongan pemain film Si Doel The Movie, menunjukkan sikap ramah. Mereka menyapa menggunakan lambaian tangan disertai senyuman. Itu sudah jadi kebiasaan.

Sekali tur, perjalanan menyusuri kanal menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Pemandangan terbaik Kota Amsterdam bisa disaksikan dari kapal.

"Nanti kita lihat banyak bangunan kayak zaman VOC," kata Rano Karno, sutradara sekaligus pemeran Doel di film Si Doel The Movie", saat kapal yang ditumpanginya melaju sejauh 100 meter dari pos keberangkatan.

Yang dikatakan Rano memang benar. Bangunan tua dan antik dengan arsitektur mengagumkan, sepanjang menyusuri kanal begitu memanjakan mata bagi para penggila fotografi atau selfie.

Di antara bangunan tua yang bisa dilihat adalah Royal Palace of Amsterdam di Dam Square. Bangunan itu sering digunakan keluarga kerajaan menjamu tamu-tamu mereka. Usianya sudah ratusan tahun.

Ada pula Amsterdam Centraal Station. Bangunannya sangat megah. Di situ sebagai pusat transportasi sekaligus landmark kota. Jalur trem, kereta api, subways, dan bus, diatur dari sana. Bisa juga beli tiket untuk semua moda transportasi di atas jika Anda ingin bepergian keliling Amsterdam, atau kota-kota lain di Belanda, termasuk ke negara tetangga. Ingin bepergian menggunakan feri juga bisa dari sana.

Tak hanya bangunan tua nan antik. Di sepanjang kanal terdapat banyak rumah perahu. Eksteriornya unik dan eksentrik.

Anda juga bisa melihat di tepi kanal banyak sekali orang nongkrong. Rata-rata anak-anak muda. Meski ada pula anak-anak dan orangtua. Mereka asyik ngobrol sambil minum bir dan menyantap makanan kecil.

Sejumlah pasangan memanfaatkan tepi kanal sebagai tempat terbaik memadu kasih: ada yang berpelukan dan berciuman. Bukan cuma buat pasangan lelaki dan perempuan. Ada pula sesama jenis (LGBT). Di Belanda, pemandangan seperti itu lumrah.

Ade Sinaga, pemandu kami selama di Amsterdam, menyebut orang Belanda suka nongkrong. Makanya, rata-rata pengelola kafe menyediakan kursi dan meja di tepi jalan.

Nah, jalan-jalan keliling Amsterdam menggunakan kapal atau perahu menyusuri kanal merupakan aktivitas wajib jika Anda ke Belanda.

"Ke Belanda, kalau belum naik kapal nyusurin kanal, belum afdol," tandas Rano.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Reporter: Willem Jonata
Videografer: Willem Jonata
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
Tags
   #Amsterdam   #kapal   #Rano Karno
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved