Ratusan Masyarakat Antre Bikin E-KTP Gratis Sehari Langsung Kelar

Rabu, 11 Juli 2018 17:07 WIB
Sriwijaya Post

Laporan wartawan Sripoku.com,Rahmad Zilhakim

TRIBUN-VIDEO.COM - Ratusan masyarakat memadati gedung Asrama Haji di Jalan Letjen Harun Sohar Palembang, rela antre panjang demi mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dalam program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), Rabu (11/7/2018) pagi.

Kendati pelayanan baru dimulai pukul 09.00, tak sedikit warga yang sudah sejak pagi buta datang ke sana demi mendapatkan giliran lebih awal.

"Dalam rangka meningkatkan kesadaran kepada masyarakat menuju masyarakat yang tertib kependudukan dilaunching program GISA. Rencananya nanti akan dihadiri Ditjen Dukcapil," ujar Kepala Disdukcapil Sumsel, Reinhard Nainggolan saat di wawancarai, Rabu (11/7).

GISA ini di selenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Selatan bersama 17 Kabupaten /kota se-Sumatera Selatan. Dan dibantu tenaga ahli dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Jadi yang bisa memanfaatkan GISA ini bukan hanya warga Palembang saja tapi berlaku untuk warga se Sumsel yang sedang di Palembang, karena akan dibuka 17 gerai yang akan melanyai masyarakat.

Tak hanya mencetak E-KTP bagi warga yang sudah melakukan perekaman, program tersebut juga melayani pencetakan ulang bagi masyarakat kehilangan ataupun mengganti E-KTP yang sudah rusak.

"Bagi masyarakat yang sudah mendapat suket/KTP el sementara juga bisa datang ke sini, karena jika sinyal memungkinan bisa langsung dicetak," ujarnya.

Meski antrian sangat membludak, namun pada hari pertama ini warga nampak tertib dengan mengikuti proses dari antre pengambilan nomor hingga melakukan perekaman.

"Saya sudah lama melakukan perekaman tapi tidak jadi-jadi sekitar setahun lalu. Nunggu panggilan dari kantor camat juga tak kunjung ada, jadi lebih baik kesini langsung jadi. Tidak masalah harus antre panjang," ujar David, seorang warga Plaju yang sedang membuat E-KTP di Asrama Haji Palembang.

Menurutnya, program tersebut sangat bagus.

Sebab warga Indonesia sudah jengah janji-janji pihak terkait untuk mendapatkan KTP elektronik tersebut.

Senada dengan David kini Gusti warga yang datang dari kota Bengkulu ini mengatakan sangat terbanti dengan adanya program ini.

"Tau dari temen katanya ada program buat E-KTP jadi saya pagi-pagi sudah datang kesini,"ujarnya.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Sriwijaya Post
Tags
   #KTP elektronik   #Palembang   #Disdukcapil
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved