Mengintip Uniknya Ukiran Kayu dan Meteroid Karya Toni Kanwa di Pameran Pamor Selasar Sunaryo Bandung

Selasa, 13 Maret 2018 21:46 WIB
Tribun Jabar

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUN-VIDEO.COM - Pameran Karya Pamor "Kekuatan Dari Alam" sedang berlangsung di Bale Handap Selasar Sunaryo, Jalan Bukit Pakar Timur No 100, Bandung, Selasa (13/3/2018) sampai Jumat (16/3/2017).

Pada pameran itu, turut ditampilkan berbagai macam karya dan produk dari seniman ternama Toni Kanwa Adikusumah.

Beberapa karya Toni itu di antaranya adalah ukiran patung kayu manusia berukuran kecil, ukiran keris dari bahan meteroit, dan ukiran spiral sebesar 1 mm.

Toni Kanwa Adikusumah, seniman Pamor "Kekuatan Dari Alam", mengatakan, tujuan diselenggarakannya Pameran Pamor ini, karena ingin mempromosikam berbagai macam produk karya seni ukirannya ke masyarakatBandung dan wisatawan mancanegara khususnya.

"Kerajinan ukiran patung kayu dan meteroid ini sengaja saya datangkan langsung dari Belgia, Kebetulan peminat karya seni ukiran patung di Bandung cukup tinggi antusiasnya," ujar Toni Kanwa kepada Tribun Jabar, saat di lokasi pameran, Selasa (13/3/2018).

Patung-patung manusia dan ukiran spiral berukuran kecil karya seniman Toni Kanwa ini, kebanyakan berbahan dasar kayu.

"Sebagai bahan pembuatan patung, penanganan artistik pada kayu cenderung lebih sederhana dibandingkan logam," kata Toni Kanwa.

Menurut Toni Kanwa, dengan hanya memahat dan mengukir sebatang kayu, seorang seniman dapat langsung menjadikannya sebuah patung.

Karya ukiran patung tersebut, secara tampilan memiliki tekstur garis-garid tipis berearna keabuan yang menyerupai pola guratan pada kayu.

Sedangkan karya ukiran kerisnya, Toni Kanwa membuatnya dengan teknik tempa dengam menggunakan bahan batu meteroid yang dicampurkan bahan besi dan baja.

"Pola dan corak pada karya keris saya ini menandai nilai estetik pada bilah keris sebagi jejak ke-senimanan seorang empu," ujar Toni Kanwa.

Meskipun masih menampilkan patung-patung berbahan kayu, Pameran Pamor ini ingin menggaris bawahi penggunaan material meteroit pada patung-patung karya Toni Kanwa.

Pantauan Tribun Jabar di lokasi Pameran Pamor "Kekuayan Alam", tampak beberapa pengunjung lokal maupun mancanegara tengah asyik melihat-lihat produk yang ditampilkan di sana.

Produk kerajinan ukiran kayu dan meteroit itu dipajang di atas sebuah meja yang berbalut warna putih dengan kombinasi cahaya warna putih pada bagian bawah meja tersebut.

Simak video di atas. (*)

TONTON JUGA:

Editor: Rosiana Nugrahaini
Video Production: Rosiana Nugrahaini
Sumber: Tribun Jabar
Tags
   #pameran   #Pameran Pamor   #Bandung   #Ukiran Kayu
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help