Lokasi Foto Anti Mainstream, Pusat Industri Sarung Pantai Mojolaban

Sabtu, 10 Februari 2018 14:42 WIB
Sumber Lain

TRIBUN-VIDEO.COM, SOLO - Industri usaha rumahan sarung pantai berada di Desa Gadingan, Ngemplak, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah menghasilkan berbagai macam produk, warna dan motif.

Dilansir berita.daerah.co.id, tempat ini adalah perkembangan dari industri sarung.

Produk sarung pantai telah dikirim ke berbagai pasar di wilayah Surakarta dan kota lain seperti Bali, Yogyakarta sampai ke luar negeri.

Dilansir wisatasolo.id, tempat usaha kain pantai yang cukup populer disana adalah Batik Rika Collection.

Tempat usaha tersebut menjemur 2000 meter kain per hari.

Namun pada musim penghujan bisa berkurang dari jumlah biasanya.

Baca: Kisah Viral Fatin Sang Selebgram, Antara Dikecam karena Jilbab, Sampai Dilamar 100 Pria Sehari

Secara umum proses pembuatan kain pantai hampir sama halnya dengan proses pembuatan batik cap atau printing.

Tahapnya melalui empat proses yaitu, pembuatan sketsa atau gambar dasar, pemberian malam atau lilin pada kain, pemberian warna pada motif dan dasar kain, serta pelepasan lilin dari kain.

Kain yang di gunakan untuk membuat sarung pantai adalah kain rayon putih jenis janger dengan lebar antara 115 sampai 120 cm dan panjang 170 sampai 200 cm.

Ukuran kain akan menentukan harga.

Kain rayon putih yang telah di potong sesuai ukuran pesanan atau permintaan lalu diberikan sketsa sesuai model dan desain dengan menggunakan pensil.

Kain yang telah selesai di canting atau diberi malam lalu diberi warna dengan cara, kain dibentangkan di atas gawangan yang telah di rancang khusus agar kain terbentang dengan kencang pinggiran kain harus di tarik dengan menggunakan karet gelang.

Setelah itu pewarnaan baru dapat di mulai dengan mencolet atau kuas, pewarnaan dapat diawali dengan mencolet warna motif atau warna dasar.

Setelah pewarnaan selesai dilakukan maka kain harus dijemur langsung di bawah terik matahari dalam keadaan masih dibentangkan pada gawang tujuannya agar warna tidak luntur dan warna kain batik lebih cerah.

Baca: Jokowi, Gunung Kerinci dan Rumah Gadang

Setelah kering maka kain pantai harus melewati beberapa tahapan lagi yang harus dilakukan sehingga kain benar-benar siap untuk dipasarkan.

Bagi kalian yang ingin melihatnya, proses pembuatannya dapat langsung berkunjung ke Desa Gadingan, Ngemplak, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Solo.

Simak video di atas! (Tribun-Video.com, Yulita Futty Hapsari)

TONTON JUGA:

Editor: Riesa Sativa Ilma
Reporter: Yulita Futty Hapsari
Video Production: Yulita Futty Hapsari
Sumber: Sumber Lain
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help