Siapkan Waktu Luang untuk Jelajahi Keindahan Anak Gunung Krakatau

Kamis, 11 Januari 2018 19:08 WIB
Tribun Lampung

Laporan reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUN-VIDEO.COM, Bandar Lampung - Jalan - jalan tak perlu menunggu libur panjang untuk menikmati keindahan alam. Sekarang ini di setiap akhir pekan, banyak biro perjalanan yang menawarkan berbagai tujuan wisata dan mengurus keperluan pesertanya dengan tawaran yang beragam.

Tidak perlu cuti atau bolos untuk liburan di tengah penatnya rutinitas pekerjaan. Ada destinasi yang patut dicoba dan bisa menjadi pilihan tepat untuk menikmati kecantikan alam tanpa perlu libur panjang bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Yakni lokasi wisata Gunung Krakatau, Lampung.

Banyak jasa biro perjalanan dengan berbagai destinasi yang sangat mudah ditemui di jejaring internet dan sosial media seperti Instagram. Untuk perjalanan wisata Krakatau biayanya terjangkau, rata-rata dihargai Rp 400.000 untuk satu orang.

Biasanya, satu perjalanan di akhir pekan memilili kuota maksimal 40 orang. Karena kapal yang digunakan nanti hanya berkapasitas tidak lebih dari 50 penumpang.

Objek wisata Gunung Anak Krakatau bisa dikunjungi dengan menggunakan kapal penyeberangan dari Pelabuhan Merak saat tengah malam. Setelah sampai di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, perjalanan dilanjutkan ke Dermaga Canti untuk sarapan dan memulai aktivitas laut, seperti snorkeling atau jelajah pulau.


Pulau-pulau yang bisa Anda kunjungi antara lain Pulau Sebuku Kecil, Pulau Sebuku Besar, dan Pulau Sebesi. Di tengah hari, Anda bisa langsung check ini penginapan dan beristirahat sebelum melanjutkan petualangan berikutnya. Pulau Umang-Umang biasanya jadi destinasi selanjutnya sampai waktu berburu matahari terbenam.

Kepulauan Krakatau merupakan gugusan pulau vulkanik yang terbentuk dari letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Kepulauan ini meliputi Rakata atau Krakatau Besar, Panjang atau Krakatau Kecil, Sertung, dan Anak Krakatau.

Gunung Anak Krakatau (GAK) berjarak dua jam perjalanan laut dari Pulau Sebesi. Saya bertolak dari Pulau Sebesi menuju GAK pukul 3 dini hari berencana menyaksikan matahari naik ke pelatarannya dari lereng gunung vulkanik itu.

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan selama berada di Kepulauan Krakatau adalah wisata antar pulau atau island hopping. Kehidupan bawah laut yang cantik di kepulauan ini sangat sayang untuk dilewatkan. Snorkeling di perairan dangkal dan diving di perairan lebih dalam menjadi aktivitas laut favorit para pengunjung kepulauan eksotis ini. Apabila tidak memiliki alat snorkeling dapat menyewa di Pulau Sebesi. Beberapa titik snorkeling yang wajib dikunjungi adalah bibir pantai Pulau Sebuku, Pulau Geligi, dan Pulau Umang-Umang.

Memiliki dua sisi pantai berbeda menjadikan Pulau Umang-Umang yang unik ini salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Untuk mencapai pantai cantik berpasir putih yang halus dengan bebatuan besar di sisi pantai berterumbu karang, pengunjung harus berjalan melewati pantai berpasir karang selama 10 menit. Jangan biarkan pasir karang ini mengurungkan niat untuk mencapai sisi pantai pasir halus, pastikanlah menggunakan alas kaki. Karena kecantikan tersembunyi Pulau Umang-Umang ini menjadi sebuah lokasi spesial yang wajib dikunjungi kembali. (*)
Editor: Tri Hantoro
Video Production: Tri Hantoro
Sumber: Tribun Lampung
Tags
   #Gunung Krakatau
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help