Sate Asli Tegal di Natar Lampung Selatan

Selasa, 9 Januari 2018 17:08 WIB
Tribun Lampung

TRIBUN-VIDEO.COM, Bandar Lampung - Sate asli dari Tegal kini ada di Lampung loh Tepatnya di Jalan Branti Raya KM 7 sebelah kiri setelah Hotel Aero dari Karang sebelum Rumah Makan begadang bandara.

Namanya sate Mas bugel, menggunakan daging kambing muda satunya full daging tanpa gaji potongannya lumayan besar dan dagingnya sangatlah empuk bumbunya terpisah bumbunya khas Tegal dan ada pilihan yaitu bumbu kacang atau kecap harga sate kambing mulai dari 40000 per porsi selain itu juga ada gulai kambing dan sop kambing dengan rasa yang enak dengan harga mulai dari Rp25.000

Potongan daging satenya empuk juicy dengan baluran bumbu kecap khas Tegal. Layaknya kebanyakan rumah makan sate Tegal, menu yang disajikan serba kambing. Selain sate, ada sop, gulai dan tongseng kambing.

Seporsi sate kambing berisi 10 tusuk. Kami sempat mengintip proses pembuatan sate. Menurut pegawai, mereka hanya memakai kambing berusia dibawah tiga atau lima bulan untuk diolah. Pengunjung bisa pilih isian sate ingin daging saja atau diselip lemak.


Pertama, sate dicelupkan sebentar ke bumbu rendaman nanas. Selanjutnya sate dibakar sebentar hingga matang. Untuk bumbunya, karena memakai gaya Tegal, berupa kecap manis dengan irisan bawang merah, tomat dan cabai rawit hijau yang segar.

Nyamm! Satenya empuk dan juicy. Makin enak karena ada selipan lemak yang gurih dan lumer di mulut. Dipadukan dengan bumbu kecap, sate Tegal makin nikmat. Sayangnya ukuran dagingnya agak mungil dibanding sate Tegal lain.

Oia, penggunaan bawang merah dan tomat juga memberi sentuhan segar yang enak. Kalau mau sengatan pedas, tinggal menggigit potongan cabai rawit.

Sementara itu, tongseng ayam disajikan hangat-hangat. Kuahnya kuning keruh dengan jejak minyak di permukaannya. Isian tongseng ada potongan kol, tomat hijau dan cabai rawit merah. Dagingnya sendiri memakai potongan sate ayam.

Slurrpp! Kuah tongseng yang hangat terasa cukup gurih. Kekentalannya juga tidak terlalu kuat. Namun daging ayamnya empuk dan berpadu enak dengan seluruh isian tongseng. Paling pas disantap dengan nasi hangat. (*)
Editor: Tri Hantoro
Video Production: Tri Hantoro
Sumber: Tribun Lampung
Tags
   #Lampung
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018 About Us Help