Kebakaran di TPA Bakung

Kamis, 7 Desember 2017 20:13 WIB
Tribun Lampung

Laporan Reporter Tribun Lampung Okta Kusuma Jatha

TRIBUN-VIDEO.COM, BANDAR LAMPUNG – Kepulan asap hitam membumbung tinggi diatas langit Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Bakung, Kelurahan Bakung, Kecamatan Telukbetung Barat, Kamis 7 Desember 2017 sore.

Tumpukan sampah dilahan kurang lebih satu hektar di TPA Bakung terbakar. Dugaan api muncul karena kandungan gas metan yang ada di tumpukan sampah.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung M Rizki membenarkan adaya api yang membakar tumpukan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Bakung, Kecamatan Teluk Betung Barat.

"Iya tumpukan sampah di TPA Bakung terbakar, kami dapat informasi pukul 15.00 wib tadi," sebut M Rizki. Menurut Rizki saat datang dilokasi api sudah besar, dan sudah dilakukan penanganan agar api tidak menyebar kemana-mana.

"Tentu berbahaya, asapnya ini yang membuat pencemaran dan tidak baik untuk manusia, maka segera diatasi, dan sementara ini kita berusaha memadamkan api dan mudah-mudahan tidak sampai ke pemukiman," lanjutnya.

Masih kata dia, pihaknya mengerahkan setidaknya mobil pemadam kebakaran sebanyak 4 unit. "Dan mobil supley air ada 4 dan dibantu mobil suplay dari dinas pertamanan sebanyak 10 unit, dan personil kami ada 20 yang diturunkan dilokasi," katanya.

Rizki menambahkan, penyebab kebakaran ini diguga adanya gas metan yang ada didalam sampah. "Tadi dari BPLH menyebutkan seperti itu, jadi tidak disengaja, dan ini sudah sering setiap tahun, seperti sekam, dibawah itu seperti ada kumpulan api, begitu sampai keatas apinya langsung keluar," tutupnya. (okj)

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Tri Hantoro
Sumber: Tribun Lampung
Tags
   #Bandar Lampung
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help