Yuk Berlibur ke Raja Ampatnya Lampung, Dijamin Nggak Kalah Keren

Kamis, 23 November 2017 16:08 WIB
Tribun Lampung

TRIBUN-VIDEO.COM, BANDAR LAMPUNG - Ratusan destinasi wisata di Lampung, terutama wisata pantai memiliki panorama yang indah dan menyimpan pesona artistik.

Seperti Pulau Pahawang, Pulau Tegal, Teluk Kiluan, Tanjung Putus, Pulau Kelagian, Pulau Lelangga, dan Pulau Pagar serta pulau-pulau yang indah lainnya.

Di antara pulau yang indah itu, siapa mengira ada sebuah pulau yang memiliki sensasi bak wisata laut di Raja Ampat, Papua Barat.

Letaknya hanya bersebelahan dengan Teluk Kiluan atau tepatnya di Desa Cukumentera, Kabupaten Tanggamus.

Memang pulau yang satu ini belum terlalu dikenal wisatawan mancanegara, seperti Pulau Pahawang dan lainnya.

Namun, siapa saja yang telah melihat dan berkunjung ke tempat itu dipastikan akan mengagumi keindahannya.

Selain lautnya bersih, pada pagi hari dan petang sering terlihat ratusan dolphin (lumba-lumba) berkejar-kejaran, meski tak sebanyak lumba-lumba yang terlihat di Teluk Kiluan.

Posisi pulau-pulau kecil bertebing tinggi yang menghiasi kawasan itu memang berjejer bak wayang.

Sejak Pulau Wayang didatangi wisatawan atau pehobi mancing mania dari Jakarta, kini beberapa pengunjung mulai mengetahuinya.

Meski jarak tempuhnya mencapai dua jam lebih dari Dermaga I Ketapang, Padangcermin, pengunjung yang penasaran terus mengalir ingin menikmati sensasi Pulau Wayang yang aduhai.

Mulanya Pulau Wayang merupakan tempat atau spot memancing yang kerap dikunjungi nelayan.

Pasalnya, selain airnya yang jernih, banyak ikan besar hidup di seputaran gugusan pulau bertebing-tebing tinggi yang berada di tengah lautan.

Posisi Pulau Wayang berbatasan dengan laut lepas. Beberapa selebriti yang hobi memancing di laut mengakui Pulau Wayang sungguh menarik dan indah untuk dijadikan view foto, apalagi prewedding,

Laut di sekeliling pulau tak berpenghuni itu dalamnya cukup lumayan, mencapai sekitar 40 meter dan merupakan surganya bagi pehobi wisata dan mancing mania.

Untuk mencapai pulau yang memiliki sensasi Raja Ampat tersebut, wisatawan bisa memulainya dari Dermaga I Ketapang.

Disarankan sebaiknya sudah berkoordinasi dan berada di dermaga sekitar pukul 06.00, sebab untuk menuju Pulau Wayang dibutuhkan waktu sekitar dua jam lebih.

Setelah berada di dermaga I dan semua persiapan tidak ada yang tertinggal, kapal berkapasitas 15 penumpang bertolak dari Ketapang.

Dalam perjalanannya, wisatawan akan melintasi Pulau Kelagian, Pulau Pahawang, Tanjung Putus, Pulau Lelangga besar dan kecil, Pulau Pagar Baru, kemudian mencapai Pulau Wayang.

Untuk beristirahat dan turun dari atas kapal, wisatawan pun bisa menikmati indahnya pantai berpasir yang bersih dan natural, mirip sensasi pantai di Pulau Bali.

Terkait tiket atau biaya yang dikeluarkan wisatawan atau pengunjung masih relatif murah, yaitu untuk kapal berikut fasilitas pelampung hanya Rp 1,5 juta/per kapal atau (15 orang). Tempat yang bisa dikunjungi pun banyak spot.

Namun, untuk alat selam di luar biaya kapal, tetapi juga masih ringan hanya Rp 50 ribu per unit.

Dalam perjalanan pulang, nakhoda kapal bisa diminta melintasi Pulau Balak dan Pulau Loh yang pemandangannya tidak kalah indahnya.

Selamat mencoba! (Tribun Lampung)

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Sigit Ariyanto
Sumber: Tribun Lampung
Tags
   #travelling   #Lampung   #destinasi wisata
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help