Inilah 7 Kuliner Khas Solo yang Akan Jadi Hidangan Spesial Tamu Resepsi Kahiyang

Selasa, 7 November 2017 16:11 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Pernikahan putri Presiden Joko Widodo,Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, tinggal menunggu hari.

Tepat 8 November nanti, perayaan tersebut digelar dengan sajian kuliner khas Solo.

Ragam kuliner tradisional Solo akan disajikan oleh katering milik kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming Raka.

Ia beralasan, agar tamu undangan yang berasal dari seluruh Indonesia bisa merasakan masakan khas Solo.

Berikut lima kudapan khas Solo yang sudah tak asing lagi kelezatannya, dan pantas disajikan dalam pernikahan Kahiyang-Bobby.

1. Selat Solo

Hidangan pertama yang cocok menjadi pembuka makan para tamu pernikahan Kahiyang-Bobby salah satunya, selat solo.

Kuliner ini juga menjadi salah satu langganan Jokowi dan keluarga.

Kuliner yang satu ini merupakan sajian sayuran, saus kental dan daging bistik.

Oleh karena itu, selat ini merupakan makanan adaptasi dari negara barat, salad, yang kemudian rasanya disesuaikan dengan cita rasa tanah air.

2. Nasi Liwet Solo

Masuk ke hidangan utama, nasi liwet solo merupakan salah satu yang banyak disukai wisatawan, termasuk keluarga Presiden Joko Widodo.

Berbeda dengan nasi liwet di tanah Sunda, nasi liwet solo dimasak dengan santan dan disajikan dengan ayam opor, sambal goreng jipang, dan areh atau gumpalan santan.

Salah satu yang menjadi favorit Presiden Jokowi ialah nasi liwet buatan Bu Sri yang berjualan di dekat pintu gerbang Pasar Gede Solo.

3. Sate Kere

Hidangan yang satu ini, cocok dijadikan teman makan nasi liwet solo. Sate khas Solo yang berbeda dengan sate lainnya ini bercita rasa manis.

Sate kere terbuat dari gembus tempe, takni tempe yang terbuat dari ampas tahu dan jeroan sapi yang dibakar. Kemudian disiram dengan bumbu kacang.

4. Tengkleng

Selain olahan nasi, Solo juga terkenal akan olahan kambingnya, kurang sah rasanya jika tidak menyuguhkan kuliner kambing ke tamu undangan pernikahan Kahiyang-Bobby.

Tengkleng adalah sop bening bewarna kuning dengan isi jeroan dan daging kambing. Meski berwarna kuning, tengkleng jelas bukan soto.

Kuah kaldunya begitu kaya rasa dan tak meninggalkan kesan rasa berat, Salah satu tengkleng favorit warga Solo adalah Tengkleng Mbak Diah di Jalan Ir Soekarno.

5. Timlo

Solo memiliki hidangan tradisional berupa sup, yaitu timlo.

Timlo adalah sup bening dengan isian mi soun, potongan sosis solo, telur kecap, wortel, dan jamur kuping.

Salah satu kesegaran timlo yang kerap dinikmati keluarga Jokowi ialah di Timlo Sastro. Rumah makannya terletak di Jalan Kapten Mulyadi No 8, Sudiroprajan.

6. Sate Buntel

Salah satu sate unik khas Solo lainnya ialah sate buntel. Sate ini ialah daging kambing yang dicincang halus, yang kemudian 'dibuntel' ke lapisan minyak kambing sehingga tak membuat daging giling terburai.

Rasanya sama sekali tak alot, harum, dan bumbunya meresap sempurna.

Sama sekali tak ada bau kambing di sate buntel tersebut, sangat cocok bagi tamu pernikahan yang baru pertama menikmati kuliner kambing dan penasaran dengan kelezatannya.

7. Serabi Solo

Selain serabi, beragam kuliner khas nusantara tersaji di sini mulai 13 Mei hingga 7 Juni 2015.

Nah saatnya hidangan penutup, atau cuci mulut. Solo juga punya beragam hidangan penutup yang manis. Salah satunya yang terkenal ialah, serabi solo.

Serabi solo, terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak menggunakan wajan kecil.

Rasa manis dan gurih yang berpadu menjadi satu, siap membulatkan rasa dari berbagai hidangan khas Solo yang sudah disantap sebelumnya. (Kompas.com/ Muhammad Irzal)

Editor: Nur Fatah Aliem Prabowo
Video Production: Nur Fatah Aliem Prabowo
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help