Pernak-pernik Berwarna Kini Hiasi Pasar Kuliner Martapura

Minggu, 5 November 2017 20:58 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM, MARTAPURA - Mendengar Pasar Tradisional, tentu yang muncul di benak masyarakat biasanya tidak lain adalah tempat berbelanja sederhana.

Bahkan akibat kondisinya yang dianggap kalah bersaing dengan keberadaan pasar modern saat ini, membuat kehadiran pasar tradisional pun perlahan ditinggalkan.

Tidak terkecuali, Pasar Bauntung Batuah atau khususnya lapak pedagang kuliner di Jalan Angsana Kota Martapura Kabupaten Banjar Kalsel, kini kondisinya yang kian kumuh, membuat daya tarik lapak tersebut pun kerap dikeluhkan.

Namun siapa sangka, kini wajah baru malah terlihat berbeda di kawasan Pasar Kuliner tersebut.

Puluhan pernak-pernik terpasang ramai menghiasi puluhan teras lapak para pedagang.

Bahkan dengan kehadiran bola kecil dan payung-payung yang terpasang bergantung dan berjejer itu, pengunjung yang biasanya hanya berbelanja kini menyempatkan diri dengan berswafoto ria di bawah hiasan tersebut.

Jannah, seorang pedagang kuliner di kawasan tersebut mengaku sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan pihak PD Pasar Bauntung Batuah itu.

Namun ia juga berharap selain kehadirannya pernak-pernik itu, lapaknya berdagang juga bisa diperbaharui sehingga menimbulkan kesan yang cantik saat menggelar berbagai macam khas makanan Banjar.

"Ya, karena papan dan tiang sudah banyak yang lapuk. Selain itu, seperti terpal ini biasanya harus dilepas bila ada penilaian Adipura. Jadi mudah-mudahan ada perbaikan secara keseluruhan guna mempercantik Pasar Kuliner di sini, " tutupnya.

Terpisah, Humas PD Pasar Bauntung Batuah Martapura, Gusti Andre membenarkan saat ini pihaknya memang sedang membenahi Pasar Bauntung Batuah.

Hanya saja, pelaksanaannya yang saat ini bertahap, sehingga pembenahan pun masih terkonsetrasi pada Pasar Kuliner dengan memasang pernak-pernik dan memperbaiki lapak pedagang.

"Rencananya memang seluruh pasar akan disulap seperti itu. Tujuannya agar selain bisa berbelanja, masyarakat juga berwisata bila berkunjung ke pasar Martapura," terangnya.

Andre menambahkan, saat ini terhitung sebanyak 40 lapak pedagang kuliner yang tersedia di kawasan tersebut. Ke depan selain terpasang hiasan berupa pernak-pernik, pihaknya juga akan memperbaiki bangunan seluruh bilik.

"Kami juga membuka diri kepada stakeholder yang ingin bekerjasama mengembangkan dan mempercantik Pasar Bauntung Batuah Martapura, " tutupnya. (Banjarmasin Post/Abdul Ghanie)

Tonton juga:

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Radifan Setiawan
Sumber: Banjarmasin Post
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help