Polisi Tangkap Penyelundup Sabu Dicampur Ikan Asin, Mengaku Diperintah Warga Malaysia

Jumat, 13 Oktober 2017 19:02 WIB
Warta Kota

TRIBUN-VIDEO.COM- Polres Pelabuhan Tanjung Priok berhasil menangkap Fitri (31) setelah berusaha menyelundupkan 20 kilogram sabu di Terminal Penumpang Pelindo II Tanjung Priok. Belakangan diketahui Fitri diperintahkan seorang warga negara Malaysia untuk menyelundupkan sabu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan tersangka dihubungi seseorang untuk datang ke Jakarta. Selanjutnya ia diberikan tiket lewat udara untuk mengambil barang ke Tanjung Pinang.

"Berangkatnya lewat udara tapi pulangnya lewat laut dengan membawa barang-barang ini berupa ikan asin," ungkap Argo, Jumat (13/10).

Argo menambahkan pelaku mengaku baru pertama kali melakukan aksinya menyelundupkan barang haram itu. Pelaku juga tidak mengetahui bahwa barang yang dibawanya berisi sabu.

"Nanti kita buktikan apakah benar atau tidak pengakuannya, kita lihat transaksi keuangannya apakah ada yang mencurigakan atau tidak, udah berapa kali dari Tanjung Pinang ke Jakarta," sambungnya.

Selain Fitri, petugas juga menangkap rekan tersangka, Aming (48) yang merupakan warga negara Malaysia yang ditangkap belakangan saat hendak melarikan diri ke negara asalnya melalui Bandara Soekarno Hatta.

Adapun tersangka lainnya yang masih dalam pengejaran ada tiga yakni pengendali jaringan berinisial CSO (warga negara Malaysia), penerima barang berinisial KLN (warga negara Malaysia) dan pemantau atau pengawas CHR dan CRN (keduanya WNI).

Akibat perbuatannya para pelaku dikenakan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 Undang Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Adapun ancamannya minimal pidana penjara 20 tahun hingga hukuman mati.(jhs)

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help